1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Cerita] Acaranya Go Monetizing with Google

Discussion in 'Selingan' started by lasem, Jul 26, 2011.

  1. lasem

    lasem Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    321
    Likes Received:
    35
    Baru pertamakalinya neh ane mau sharing, setelah lama bergabung, nyaris tak terdengar suaranya. Maklum masih newbie banget, jadi takut klo malah salah klo banyak omong.Beda dengan mastah-mastah di sini yang udah kenyang makan garam ..he.he..asin kali, maksudnya udah sangat berpengalaman menggunakan ilmu kanuragan tingkat tinggi dalam bisnis online ini.Sementara ane masih harus tertatih-tatih belajar menerapkan jurus-jurus tingkat rendah yg terkadang kurang ampuh dalam menapaki dunia persilatan online. Walah...koq malah ngomongin dunia persilatan segala...:)

    Btw, dari pada gak jelas mau ngomong apa, skg to the point aja. Gini sob, kebetulan tadi ane ikutan acaranya Go Monetizing with Google. Gak tahu juga knp ane juga diundang acaranya Mbah Google...mumpung ada kesempatan ya ane datang dengan harapan ada jurus-jurus penerang baru yang bisa menentramkan hati dan jiwa dalam berbisnis online, terutama sama google adsense.

    Acaranya cukup seru,walaupun ane dramatisir sebenarnya biasa aja sih...he..he..Acara dimulai kurang lebih pukul 13.30 wib, berlangsung di CIMB Niaga, Jl Sudirman di ruang Financial Club. Jumlah peserta, ternyata tidak terlalu banyak, kurang dari 100 perkiraan ane..sori klo salah, mungkin karena ruangannya yang gak terlalu besar kali, atau memang sengaja dibatasi..tidak tahu juga ane. Sebenarnya cukup padat jadwalnya krn dr pukul 13.30 sd pukul 15.30 diisi presentasi dari Google Indonesia seperti Niken, ada dari Admob dan Arudea Mahartianto(Partnership Associate). Selain itu juga ada bincang-bincang dengan beberapa publisher Adsense Indonesia, seperti okezone, cineplex21 dan satu lagi lupa sebagai startup local.

    Dari awal pembicaraan, lebih banyak menerangkan potensi bisnis online yang pangsa pasarnya di Indonesia masih terbuka sangat luas. Apalagi user Internet dan pengguna mobile di Indonesia cukup meningkat pesat. Ada juga pembicara yg menerangkan mengenai produk-produknya google, mulai dari google webmaster, analytics, sampai ke Google+. Intinya semua produk tersebut dibuat untuk membantu advertiser dan publisher mendapatkan hasil yang maksimal.

    Niken ( google Indonesia ), lebih banyak menerangkan soal bagaimana mengatur penempatan iklan supaya mendapatkan hasil yg lebih maksimal, seperti misalnya : implementasikan 3 adUnit dalam 1 halaman,menempatkan iklan berdekatan dengan konten, gunakan ukuran yang paling maksimal, 728x90 dan 336x280 atau 160x600. Bergantian antara iklan teks dan gambar dll. Ketika ditanya bagaimana klo kita menempatkan iklan di bawah judul, apakah diperbolehkan? Dia menjawab boleh-boleh saja, tapi tidak disarankan karena posisi disitu sebenarnya bagus CTR nya tapi potensi invalid click nya sangat besar. Jadi sebaiknya disarankan, kalau mau menaruh iklan di bawah judul sebaiknya ngeblend di kontennya, bisa ditaruh di dalam konten sebelah kiri.

    Yang menarik, pada sesi terakhir yang berhubungan dengan bagaimana menjaga Adsense tetap sustainable dan soal Policy. Arudea, sbg pembicara menerangkan pentingnya konten, user experience dan konsep. "Focus on the user and all else will follow". Buat konten yang unik, tidak copy paste sehingga pengunjung merasa mendapatkan manfaat dan tidak merasa dijebak karena apa yang dicari tidak ditemukan. Dalam hal ini AGC tentu tidak memenuhi standart Policy Google. Buat design yg fast loading,unik jgn sama dengan yg lain. Bisa sama template tapi modifikasi shg unik. Ketika ditanya tentang, bagaimana akhir-akhir ini banyak publisher Indonesia yang terkena Banned, padahal sudah menulis manual tidak menggunakan auto dan copy paste. Dia menjawab, banyak faktor yang mempengaruhi, ada kemungkinan misalnya posting manual tapi konten tidak unik, misalnya karena menulis ulang dari majalah atau buku.Jika publisher belum puas atas jawabannya bisa nanya langsung ke forum webmaster google atau forum adsense.

    Ada juga penanya yang menanyakan efek panda apakah juga sudah masuk ke Indonesia? dia menjawab, segera dan akan muncul panda-panda lain yang lebih keren.Maksudnya klo soal bersih-bersih blog yg tidak mematuhi policy, google sudah melakukan, tp karena keterbatasan SDM, dia meminta bantuan teman-teman publisher supaya bersih-bersihnya lebih cepat sehingga kemungkinan adsense for content berbahasa Indonesia bisa cepat terealisasikan.

    Sori,sebetulnya ane mau cerita banyak tapi udah keburu ngantuk, mungkin teman-teman yang lain yg tadi datang silakan menambahkan.
    Yang jelas, adsense for content berbahasa Indonesia belum didukung oleh Google, hanya publisher tertentu saja yang diberikan kesempatan untuk menggunakannya seperti portal-portal berita online di Indonesia dan publisher terpilih....

    Dan gongnya adalah, publisher yang tadi diundang, akan mendapatkan kesempatan sebagai publisher terpilih yang boleh menggunakan google adsense for content berbahasa Indonesia. Jadi bagi teman-teman yang belum mendapatkan kesempatan, jangan pesimis, paling dalam beberapa bulan ke depan..sepertinya google akan segera membuka fitur ini untuk semua publisher di Indonesia.
     
    shintal, srulz, j1p3nx and 28 others like this.
  2. mastajudin

    mastajudin Hero

    Joined:
    Oct 4, 2010
    Messages:
    710
    Likes Received:
    163
    Location:
    Kota Cilegon Banten
    Waooo Mantap bos, saya senang sekali baca info ini, thanks atas share hasil pertemuannya tadi :))
     
  3. ooND

    ooND Super Hero

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    5,707
    Likes Received:
    1,118
    Location:
    Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    wuih panjang bener cerita nya siapin kopi dulu like pencet dulu dah
     
  4. azunna

    azunna Super Hero

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    1,526
    Likes Received:
    364
    Yang ini maksudnya gmn Om?
     
  5. lasem

    lasem Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    321
    Likes Received:
    35
    sama-sama boz, walaupun belum terangkum semua. Mudah-mudahan yg td datang bisa menambahkan dan mengoreksi klo ada yg salah kata...:)
     
  6. crez the astrea boy

    crez the astrea boy Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    140
    Likes Received:
    3
    Location:
    bandung..
    amin . semoga saja' publisher indonesia makin maju ..
    .. maav ne om!! di acara itu, ada yang nanya gk .. kenapa blogspot gk dipakein plugin ?? hhe'
    biar sama hebatnya dengan WP !! hehehe
     
  7. adexaja

    adexaja :3

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    3,305
    Likes Received:
    623
    Location:
    Musholla
    Ane doain AFC untuk blog indo cepat terealisasikan. Amiin.
     
  8. heripu

    heripu Super Hero

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    1,898
    Likes Received:
    421
    Location:
    Plembang
    Like. Tinggali jejak. Baru baca.
    Thanks gan ya.
     
  9. Torres

    Torres Hero

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    19
    :kacapembesar:terus I-) :tidur:

    baca nanti, titip jejak
     
  10. lasem

    lasem Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    321
    Likes Received:
    35
    Maksudnya, publisher yang mendapatkan undangan acara google dan mengisi form dalam acara td akan diberikan kesempatan menggunakan adsense for content berbahasa indonesia yang resmi, seperti publisher detik.com, okezone dan lain-lain yg sudah dulu bergabung sebagai Premium Publisher klo gak salah...

    ---------- Post added at 11:16 PM ---------- Previous post was at 11:16 PM ----------

    Maksudnya, publisher yang mendapatkan undangan acara google dan mengisi form dalam acara td akan diberikan kesempatan menggunakan adsense for content berbahasa indonesia yang resmi, seperti publisher detik.com, okezone, republika dan lain-lain yg sudah dulu bergabung sebagai Premium Publisher klo gak salah...

    ---------- Post added at 11:18 PM ---------- Previous post was at 11:16 PM ----------

    Wah tadi kebetulan gak ada yang nanya gitu sob, coba tadi datang ya....:)
     
    crez the astrea boy and azunna like this.
  11. maxall

    maxall Super Hero

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    2,381
    Likes Received:
    501
    earning minimal 5 digit/bln kok ngaku newbie iki piye toh pk bos :lol:
     
  12. mukh17

    mukh17 Perjaka Single

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    2,507
    Likes Received:
    99
    kan okezone sama cineplex (undangan yang situsnya gede2) udah premium adsensenya dan muncul bahasa indonesia sepertinya, kayak detik.com kompas dll.. sepertinya gitu bro CMIWW
     
  13. lasem

    lasem Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    321
    Likes Received:
    35
    Walah, klo sampeyan iyo 5 digit, klo ane bener masih newbie banget...tp ya alhamdulillah amien didoain, mudah-mudahan beneran dapat 5 digit.....ngarep banget :):))
     
  14. crez the astrea boy

    crez the astrea boy Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    140
    Likes Received:
    3
    Location:
    bandung..
    sayang nya gk di undang ni om lasem ! hha'
    pertanyaan simpel si ya?? tapi buat newbie berarti bgt itu.! hhe'
     
  15. avindo

    avindo Advanced SEO Scripter

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    210
    Likes Received:
    26
    Nyesel se nyesel nyeselnya...... padahal diundang, tapi gak dateng gara2 hari kerja, pas ada meeting di kantor :(
    Gagal deh dapat permission adsense di blog indo :(
    :nangis::nangis::nangis:

    ---------- Post added at 04:04 PM ---------- Previous post was at 03:26 PM ----------

    Kalo diundang, tapi gak dateng, bisa dapet juga gak yah? :(
     
  16. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    itu yang ane bold, bener team google jawab gitukah? wew...ada hubungan apa buku offline ama website online, kaya jawaban yang nyari black goat aja heheehhe...
     
  17. ismailbiz

    ismailbiz Super Hero

    Joined:
    Sep 26, 2008
    Messages:
    851
    Likes Received:
    31
    sharingnya keren nehhh mas bro.... matur tengkyu yakkkk :D
     
  18. JhezeR

    JhezeR Super Hero

    Joined:
    Dec 14, 2009
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    59
    Location:
    Universe
    Yg saya harapin, semoga AFC bisa segera di blog indo :silau:
     
  19. lasem

    lasem Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    321
    Likes Received:
    35
    Itu klo ane gak salah denger ya ...( maapin klo salah :), bisa jadi yang team google maksudkan walaupun si blogger tulis manual dari sumber majalah, tetap saja ada kemungkinan terjadi duplikasi konten karena disaat yg sama ada saja blogger lain yang memiliki ide yang sama. Jadi intinya, team blogger mengharapkan konten tsb unik, dan memiliki value dimata pembacanya. Barangkali yg kemarin datang bisa koreksi lagi klo ane salah mencerna maksudnya...
     
  20. przone

    przone Ads.id Pro

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    308
    Likes Received:
    8
    Location:
    depan layar
    wah.. jatah like ane dah abis
    thx atas share nya
    memberikan manfaat dan masukan...
     

Share This Page