1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Siap-Siap Untuk Panda Big Update...Susun Strategi Yuk

Discussion in 'SEO' started by yasirli, Jul 1, 2011.

  1. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    serem ya judulnya hehehe...kata" seperti judul di atas sudah saya publish di status facebook saya, ada yang nanya, apa itu benar? dan ada yang nanya, darimana saya tahu?, saya pernah jawab "saya tahu dari feeling" ckckckck...tapi sebenarnya banyak teman-teman SEO saya diluaran sana yang juga ikutan ribut masalah big update ini, jadi ga ada salahnya kita bersiap-siap.

    Big update diperkirakan pada bulan july ini dan agustus (tapi mudah-mudahan ga terjadi dah)...apa saja yang perlu kita lakukan?.

    1. kita mulai dari setting onpage,

    Saya selalu mengatakan pada teman-teman, kalau mau websitenya dapat authority, pikirlah atau anggap ente sebagai pengunjung dan pembaca website tersebut, jangan cuma mikir $$$ nya doank. Pembaca butuh high speed load, script & CSS yang digunakan ringan, artikel yang ada berkualitas tinggi, themes easy & enak dilihat, link" onpage yang clean sehingga memudahkan menemukan informasi lainnya, ga banyak iklan dan sampah" lainnya, pengunjung ingin mencari informasi yang tepat (so gunakan title yang tepat juga, jangan keyword surfing)...gitu kan?.

    Berikut adalah langkah-langkahnya,,,

    - pilih hosting yang benar-benar bagus, apa hal ini bisa berpengaruh?, ya, hosting dapat mempengaruhi kualitas dari website kita.

    - perhatikan meta robots dan juga meta verify dari google dan search engine lainnya, apa sudah terpasang dengan baik. Banyak teman yang bingung ketika cached web nya hilang, dan ketika di cek, ternyata meta robot dan juga meta verifynya tadi hilang...

    - periksa validator dari css dan php website ente, bahasa gaulnya itu cek CCS dan PPH, CCS dan PPH bisa di cek di http://validator.w3.org/ . Setelah itu cek juga speed load dan yslow website ente di http://gtmetrix.com/ . Usahakan Ccs ente valid 100% dan usahakan speed load serta Yslow lebih dari 90%.

    - penggunaan plugin sebaiknya jangan berlebihan, cukup gunakan plugin yang benar-benar dibutuhkan seperti contact form, dagon sitemap, xml sitemap, ping optimizer, platinum seo, seo smart link, kb robots txt dan mungkin wp copyprotect serta lainnya (yang benar-benar dibutuhkan).

    - Buat tampilan website yang menarik (bagi pengunjung),

    Disini kita ingin membangun authority dari website tersebut, so buatlah pengunjung percaya bahwa yang mereka kunjungi adalah website bukan blog.

    Bantu pengunjung untuk menemukan link bermanfaat lainnya baik pada navigasi ataupun pada sidebar website. Jaga kebersihan dari website ente, banyak teman-teman yang menaruh sampah di websitenya, seperti puluhan tag di sidebar serta dalam posting, recent search term link (link ke search) pada sidebar dan dalam post, dengan alasan agar indexnya cepat banyak. Walah, pernyataan seperti ini brani saya katakan salah, karena sebenarnya kita tuh butuh trafik, bukan index yang ribuan.

    - jangan lupa halaman navigasi pada website ente, seperti about, disclaimer, privacy policy, term and conditions, contact, advertisement dan lainnya. Mengapa hal ini perlu?, karena begitu website ente besar, maka banyak musuh-musuh berdatangan, mereka bisa saja mereport website ente ke google (karena iri atau sebagainya). So dengan ada halaman navigasi diatas, maka kita bisa merespond email dari google apabila ada report dari pengunjung.

    - jangan gunakan keyword surfing sebagai title dari posting, banyak teman-teman yang melakukan hal ini untuk mendapatkan trafik, memang awalnya bagus, tapi kemungkinan website di banned akan lebih besar. Lalu bagaimana cara mengatasinya?, ente bisa menggunakan keyword tersebut tapi dengan catatan tambahkan dengan kata-kata lainnya dan buat senatural mungkin.

    - tata cara penulisan artikel harus benar-benar diperhatikan (klo kata anak-anak pas ngumpul di lembang sih, artikel harus seharga $5 per satu artikel wkwkwkkwkw). Sebenarnya yang menjadi point utama dari artikel tersebut adalah panjang artikel (lebih baik 500 kata), density keyword pada artikel tidak berlebihan, artikel benar-benar memberikan informasi yang jelas kepada pengunjung, jangan menggunakan bold atau tehnik-tehnik yang seakan ente ingin menang pada keyword tersebut. Buatlah artikel secara natural, begitu juga apabila ingin menempatkan innerpage link pada artikel tersebut, usahakan senatural mungkin. Apabila ente membuat 5 artikel perharinya, maka pada artikel terakhir dari 5 artikel tersebut, pasang 1 link ke halaman utama dan 1 link ke posting lainnya (tapi tetap tempatkan secara natural).

    - jangan terlalu banyak iklan di website, buat apa iklan banyak-banyak kalau nanti websitenya kena panda toh? :( , jadi lebih baik pasang iklan secukupnya di posisi terbaik aja...

    - apabila ente melakukan link exchange dengan website lainnya, pasang link mereka di halaman tertentu, jangan di homepage atau sitewide, karena hal itu bisa menambah outbound link dari website kita tadi

    - Pasang tombol share atau follow facebook, twitter pada website. Apa hal ini mempengaruhi SEO?, secara seo sih ga, tapi hal ini bisa membantu kita untuk meningkatkan authority website. Dan secara tidak langsung kita bakal ngebangun komunitas untuk website kita tadi. Pengenkan dapat trafik puluhan ribu dan ga butuh ribet mikirin seo lagi heehhe.

    *tambahan (lupa)

    - image , pada image gunakan file name sesuai keyword, misal buyacellphone.jpg , dan jangan lupa alt serta title pada image tersebut

    mungkin itu aja dl kalau untuk onpage, Dengan tehnik diatas, maka pengunjung akan sukarela untuk merekomendasikan website ente ke teman-teman mereka lainnya, bahkan mereka akan menjadikan website ente sebagai referensi mereka. Dan akhirnya kita bisa punya website yang high authority hehe.

    2. Offpage tehnik

    - submit webiste ente ke google webmaster tools (dan selalu periksa apakah ada error pada crawl robot google), jika ada, cepat bereskan.

    - Bangun high quality backlink untuk halaman utama website ente (jangan over optimisasi), apalagi spamming.

    - Submit posting ente ke beberapa social bookmark (setelah posting di published)

    - yang harus dihindari >> bad link wheel, bad web 2.0 farm, spamming, backlink terlalu cepat, over optimisasi, dan lainnya

    - yang ga kalah pentingnya, Do'a, ketekunan, kejujuran, dan semangat yang kuat. And kalau earningnya dah naik lagi, rajin" menabung + sedekah + jangan lupa diri apalagi sombong :D ...

    Saya ga bisa memberikan lebih detail untuk offpage ini, dengan alasan tertentu...

    Tutorial diatas hanya berlaku untuk manual blog dan diambil dari pengalaman saya sendiri, apabila ada pertanyaan silahkan. Good luck ya all, semoga earning kita meningkat nantinya dan mari kampanyekan slogan, Google Panda? Ga Takut Tuh...

    *Ps : maaf ya, karena ga share pas gathering di lembang, saya orangnya pemalu ui... :D
     
    Last edited: Jul 1, 2011
  2. lerry

    lerry SuperMi

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    3,500
    Likes Received:
    528
    makasih bos, ane betah bacanya :silau:
     
  3. Schwarzkophf

    Schwarzkophf Super Hero

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    2,318
    Likes Received:
    71
    Location:
    Depok
    mantab nih ..
    tapi memang nomor satu di artikel dah :senyum:
     
  4. anisku11

    anisku11 Super Hero

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    1,627
    Likes Received:
    179
    Location:
    Semarang
    ,. . . . .....Nice share mastah
    :senyum: newbie ijin bukmark
    :)
    bener2 Content kudu bagus nih
    :)
     
  5. jujur

    jujur Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    164
    Likes Received:
    14
    klo udah super hero boleh ya pake livelink....
     
  6. saladflorida

    saladflorida Super Hero

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    2,687
    Likes Received:
    313
    Location:
    Bandung-id
    siap ndan :D
     
  7. ULARSAWAH

    ULARSAWAH Super Hero

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    1,335
    Likes Received:
    136
    siap master ,intinya berikan yang terbaik buat pengunjung maka keuntungan akan mengikuti ...
    jangan berikan seadanya saja hanya demi mengejar keuntungan ,malah si untung gak berjodoh ama kita :lol:
     
  8. lerry

    lerry SuperMi

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    3,500
    Likes Received:
    528
    Kita bisa dong menilai tujuan livelink itu buat apa, nyepam atau enggak! kalau bermanfaat dan gak ada sangkut pautnya dengan pribadi TS ane rasa gak masalah tuh :) CMIIW
     
    Mazz TM and yasirli like this.
  9. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    heuehuheu, siap ler, mari kita ulang masa jaya yang dulu :D

    bisa dibilang gitu kayanya, ya saling mengisi deh...

    yoi, silahkan mas...bagus sih boleh asal jangan terlalu mahal ae ;)

    wkwkwwkk....cocok :))
     
  10. adisini

    adisini Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2006
    Messages:
    963
    Likes Received:
    123
    makasih mas bro sarannya. siap2 genjot lagi ni :D
     
  11. fikrionline

    fikrionline PASTI SUKSES

    Joined:
    Jan 2, 2010
    Messages:
    1,354
    Likes Received:
    146
    Location:
    Indonesia
    Alasanya apa nih mas? Karena alasan ini ya?
    Karena mas sendiri jualan jasa SEO Off Page ya?
    :peace: :peace: :peace:
     
  12. lerry

    lerry SuperMi

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    3,500
    Likes Received:
    528
    Untuk aja si TS masih mau buat tread yang saya aja masih belum tahu selama ini, masalah mengapa TS gak mau share off page kan urusan lain lagi bro...... :silau:
     
  13. Cibertitos

    Cibertitos Ads.id Fan

    Joined:
    May 12, 2011
    Messages:
    113
    Likes Received:
    1
    jadi intinya content is king seperti mastah noviku10 bilang di threadnya itu ya sob...thanks ya sharenya.
     
  14. izhbads

    izhbads Ads.id Pro

    Joined:
    May 27, 2011
    Messages:
    260
    Likes Received:
    3
    Location:
    magelang
    mantap sekali gan!
    Jempol kepencet gan :lol:
     
  15. TheNext

    TheNext Super Hero

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    2,899
    Likes Received:
    211
    Location:
    Ruang Pikiran
    manstah ane mau nanya nih :D

    over optimasi itu standar bagaimana?

    jadi kita bisa lebih jaga2 saat optimasi baik itu homepage maupun artikel setelah di publish
     
  16. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    yang saya maksud over optimasi itu link building yang berlebihan, ada baiknya kita menyusun langkah" atau schedule untuk link building website kita, misal hari ini mencari link exchange, besok buat web 2.0, dan seterusnya. Dan Untuk blog yang belum berumur, sebaiknya bangun link buiding biasa aja dl, seperti link exchange dan dan social bookmark. Biar natural dl..
     
  17. nurmuhammad

    nurmuhammad Super Hero

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    1,260
    Likes Received:
    61
    Location:
    Cikarang
    makasi mastah.... tips trik manteb...

    tinggal diterapin :) (ini yang susah :)) )
     
  18. babeh_orayz

    babeh_orayz Super Hero

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,269
    Likes Received:
    9
    Emang artikel yang memberi manfaat ma pengunjungnya
    biasanya SERPnya juga bagus apalagi dengan adanya google +1
     
  19. Mazz TM

    Mazz TM Super Hero

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    1,582
    Likes Received:
    160
    Location:
    Magelang-Semarang (PP)
    Hari ini cek blog trafiknya anjlok...
    Apakah ini pertanda Google udah Update???
     
  20. kumang

    kumang Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    53
    Likes Received:
    1
    Location:
    bandung
    langsung praktek ane :D
     

Share This Page