1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Arahan] | Kiat Aman Bertransaksi di Forum Trade !

Discussion in 'Trade' started by pemburudomain, Jun 3, 2010.

  1. pemburudomain

    pemburudomain (53) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,159
    Likes Received:
    143
    Location:
    Bandung
    [Arahan] | Kiat Aman Bertransaksi di Forum Trade + Tips | Updated !! 1 Jan 2013

    Tertanggal 1 Januari 2013,

    Saya melakukan ralat ulang thread ini agar lebih nyaman dibacanya serta lebih profesional. Selain itu ini kan tahun baru, masa tulisan ini ga pernah di update, padahal sudah di Sticky oleh momod setempat (alias dipercaya) hehe.

    Seiring dengan berjalannya waktu, modus penipuan makin berkembang saja, dan ada saja yang menjadi korban di adsense-id. Saya cukup miris dengan hal ini, kali ini saya akan memberikan arahan bagi buyer maupun seller agar tidak tertipu dalam bertransaksi di forum iTrade.

    Pertama, bagi Buyer
    Buyer / Pembeli adalah pihak yang memiliki resiko tertipu lebih tinggi dibandingkan Seller / Penjual , seringkali dalam berbagai kasus penipuan, yang menjadi korban adalah pembeli. Nah, bicara soal transaksi di adsense-id, agar aman dan tidak tertipu, berikut arahan dari saya supaya anda misalkan sebagai calon pembeli tidak tertipu

    1. Jangan Mudah Percaya
    Jika ada thread jual yang sangat menarik di mata anda, namun penjualnya adalah penjual baru / orang asing yang sepertinya baru bergabung di forum, anda patut waspada. Kebiasaan penipu itu pasif dan anda harus berjaga-jaga, jika reputasinya anda rasa masih belum ada, anda wajib menggunakan REKBER (Rekening Bersama) - singkatnya jasa transaksi dengan pihak ketiga , jika tidak tahu silahkan dicari di google. Ingat, GUNAKAN REKBER ! Namun REKBER yg terpercaya reputasinya.

    2. Jangan Memaksakan Diri
    Jika anda dalam satu kondisi memerlukan suatu barang / jasa dengan cepat dan anda menemukan lapak yang anda rasa dapat memenuhi keinginan anda pada barang / jasa tersebut jangan mudah dan cepat mengambil keputusan untuk membelinya. Tolong perhatikan reputasi si penjual, jangan karena sedang buru-buru anda tidak peduli keselamatan dana anda sehingga langsung men-transfer, bisa jadi uang anda malah hilang. Ingat, GUNAKAN REKBER ! Namun REKBER yg terpercaya reputasinya.

    3. Jangan Mudah Tergoda

    Jika anda melihat satu lapak yang penawarannya sangat menarik janganlah anda langsung cepat-cepat bertindak, membeli barang / jasa tersebut apalagi transfer uang langsung pada penjual yang reputasinya tidak jelas. Anda harus sabar, lebih baik anda membeli pada penjual lain yang lebih bereputasi walaupun beda harga. Daripada anda digoda oleh lapak barang / jasa murah yang ternyata lapak penipuan ! Ingat, GUNAKAN REKBER ! Namun REKBER yg terpercaya reputasinya.

    4. Selalu sampaikan baik buruknya barang / jasa yang anda terima

    Ada kalanya penjual bereputasi kadang memberikan barang / jasa yang kurang bagus, jika terjadi seperti itu cepat sampaikan pada penjual agar segera memperbaiki barang / jasa yang ia berikan tersebut, tidak terbatas pada penjual bereputasi namun kepada semua penjual ! Tuliskan di lapak jualnya tentang baik buruk nya produk yang ia jual, agar orang lain juga punya pertimbangan sebelum membeli. Dengan memberikan komentar seperti itu anda sudah sangat membantu penjual maupun pembeli lain , dan anda akan dapat PAHALA !

    5. Minta Garansi !

    Jika anda membeli produk yang sekiranya akan berpengaruh pada jangka lama, anda harus meminta garansi ! Dan wajib bagi penjual yang "BENAR" untuk memberi garansi pada anda , apalagi jika total transaksinya tinggi.

    6. Lihat/ Minta Review
    Cukup banyak seller yang mungkin baru bergabung namun ia mau memberikan review kepada member lain di forum ini yang sudah cukup bereputasi. Nah jika penerima review mengatakan bahwa produk yang dijual seller bagus, anda bisa mulai mempercayai seller ini, karena dalam reviewnya saja sudah baik. Bahkan jika review produk masih tersedia anda juga bisa meminta review dari seller tersebut utk menguji produk apakah layak beli / tidak.

    7. HINDARI Thread CEPAT KAYA / PENGHASILAN BESAR CEPAT / $1000/MONTH / LIHAT CARA SAYA HASILKAN 5 JUTA DALAM SEMALAM
    Judulnya kiasan, tapi kira-kira seperti itu, saya ingatkan DUNIA INTERNET itu bukan dunia CEPAT KAYA, jika anda beranggapan bahwa sehari akan langsung berpenghasilan, silahkan anda keluar dari dunia INTERNET MARKETING. Namanya penghasilan itu dimana-mana perlu kerja keras, tidak ada trik CEPAT KAYA yang benar-benar ada. Jika anda sering terjebak memberi produk seperti CEPAT KAYA / PENGHASILAN BESAR CEPAT / $1000/MONTH / LIHAT CARA SAYA HASILKAN 5 JUTA DALAM SEMALAM maka anda adalah orang tamak, serakah akan uang dan ambisius. Ingat, TIDAK ADA TRIK CEPAT KAYA, semua harus didasarkan pada usaha dan fokus , jangan ikut"an !

    Patokan Seller yang bisa diajak bertransaksi dengan baik menurut saya :
    - Menjadi verified member (mempunyai badge) -> Utama
    - Join kurang lebih 2 bulan atau lebih
    - Memiliki jumlah post kurang lebih 200 atau lebih
    - Telah memiliki iTrader (pernah bertransaksi) sebanyak kurang lebih 5 kali atau lebih dan mendapat feedback positif

    Logikanya : Penipu itu rata-rata pasif dan menjerumuskan, jika ia bukan penipu akan sangat mungkin ia banyak bertanya di forum, sering memberi komentar atau sekedar melakukan transaksi walaupun transaksi kecil utk memenuhi kebutuhannya di dalam dunia Internet Marketing / dunia Nyata. Dan itu semua tidak ia lakukan dalam sehari. Setidaknya bulan.

    Kedua, bagi Seller
    Namanya penipuan, penjual sekalipun juga bisa tertipu. Resiko tertipu mungkin lebih kecil dari pembeli namun tetap saja ada celah dimana penjual bisa tertipu. Maka dari itu ini arahan saya bagi Seller agar tidak tertipu.

    1. Jangan Mudah Percaya
    Konsepnya tidak terlalu berbeda dgn pembeli, namun dalam hal ini, jangan berikan barang / jasa pada pembeli yang kurang terpercaya karena ada kemungkinan anda ditipu. Sekalipun menggunakan rekber penjual pun bisa tertipu karena pembeli mengaku tidak mendapatkan barang / jasa yang anda jual padahal sudah anda berikan. Nah posisi ini akan membuat anda jadi serba salah, namun ada satu arahan dari saya, jika anda ingin pembeli percaya pada anda dan akhirnya transfer duluan, anda harus memiliki reputasi yang cukup untuk meraih kepercayaan pembeli, nanti saya bahas terpisah. Intinya, jangan bertransaksi dengan pembeli yang tidak jelas, minimal ia harus reply lapak anda, memberikan informasi yang jelas sebelum akhirnya bisa diajak transaksi. Kalau bukan penipu, kenapa tidak transaparan ? Betul ?

    2. Jangan Mudah Tergiur
    Misalkan ada pembeli yang ingin membeli barang / jasa anda dalam jumlah banyak dengan untung yang banyak, tapi ia tidak mau bayar duluan dan anda harus menyerahkan barang / jasa dulu , JANGAN ! Jangan pernah anda lakukan hal ini karena sangat beresiko, andaikan terjadi hal seperti ini lebih baik anda gunakan REKBER ! Dan sebaiknya anda sudah memiliki kedekatan khusus dgn pihak rekber / rekber tsb terpercaya, tidak lupa anda juga harus pny bukti kuat bahwa barang / jasa yg anda jual sudah diberikan pada pembeli agar jika pembeli mengaku barang / jasa tidak diterima pdhl sudah dikirim, dana kembali pada anda.

    3. Dalam memberi garansi, anda juga harus tetap tidak dirugikan !
    Dalam artian, janganlah anda memberi garansi yang memberi celah pada pembeli untuk menerima garansi yang merugikan anda. Jadi misal, karena kesalahan pembeli , pembeli minta garansi pada anda, padahal itu bukan salah anda. Berikan peraturan-peraturan yang jelas dalam garansi.

    Patokan Buyer yang layak diajak bertransaksi :
    - Tidak bertele-tele, bilang mau transfer tapi ga transfer-transfer tinggalkan aja
    - Bertanya-tanya tapi memberi kejelasan apakah dia memang mau membeli produk anda / cuma tanya-tanya
    - iTrader sekurang-kurang nya 5 dan positif
    - Join date dan jumlah post tidak terlalu jadi masalah disini, karena bisa saja yang baru bergabung adalah orang yang lebih kaya dari kita, tapi pastikan dia mau transfer duluan / jika menggunakan rekber dia memang layak dipercaya

    Tips dari saya agar penjual mendapat kepercayaan pembeli sehingga pembeli mau transfer langsung , anda tidak punya reputasi maka anda tidak akan dipercaya. Jadi ini tips dari saya :

    1. Berikan Review - Jangan Pelit !
    Berikan setidaknya 2 atau 3 bahkan 5 atau lebih review produk anda, berikan pada member yang anda rasa memiliki reputasi tinggi. Biarkan mereka mencicipi produk anda tapi anda harus tegaskan setelah mencicipi produk anda, mereka harus memberi testimonial. Testimonial ini yang jadi modal kepercayaan anda. Saya juga tidak melarang anda utk memberikan review pada newbie, namun reputasi mereka masih kurang dan ditakutkan mereka terpacu minta testi karena memang ingin gratisan aja. Jangan newbie, masih banyak member-member yg cukup lama disini tapi mentalnya begini, fakta, ya tapi memang ada :)

    2. Berikan Garansi
    Jika anda rasa produk anda menjanjikan kenapa tidak anda memberikan garansi pada produk anda ? Tentunya jika produk ini berkaitan dalam jangka waktu yg lama, kalau tidak, ya tidak perlu. Beri garansi secukupnya saja.

    3. Sering bertransaksi !
    Usahakan anda aktif bertransaksi misalkan menjadi buyer, transaksi tidak perlu besar-besar, $1 pun bisa, asal anda minta iTrader (wajib diminta)

    4. Post yang banyak !

    Pastikan anda jadi cerewet di forum , dan kalau anda memberi tips trik kepada orang lain itu lebih hebat lagi ! Anda bahkan akan dapat PAHALA juga karena berbagi. Selain itu jumlah post menunjukkan bahwa anda aktif yang jauh bertentangan dari penipu yang pasif !

    5. BADGE BADGE BADGE !

    Ya, sekarang adsense-id menyediakan sistem verifikasi ! Dengan scan KTP / verifikasi REK / verifikasi ALAMAT , anda akan dapat kepercayaan lebih tinggi. Saya sangat menyayangkan masih cukup banyak orang sini yang sudah tinggi reputasinya tapi tidak mau verifikasi. Menurut saya sih ini penting, minimal scan KTP seperti yg saya lakukan. INI sebagai bukti bahwa kita transparan dan tidak menutup-nutupi !

    Sekian tulisan ulang saya , pemburudomain pada tanggal 1 Januari 2013. Semoga sekiranya tips dan arahan saya bermanfaat, mau berterimakasih ? Cukup beri thanks dan / atau doakan saya agar saya dapat menjalani segala sesuatu nya dengan lancar. Amin :)
     
    Last edited: Jan 1, 2013
  2. idontz

    idontz (33) Hero Known Trader

    Joined:
    Dec 8, 2009
    Messages:
    644
    Likes Received:
    5
    Location:
    Depok
    nah ini penting banget nih!
     
    Last edited by a moderator: Mar 2, 2013
  3. aditiya1920

    aditiya1920 (108) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    43
    Location:
    Stay Here XTidu, Bojonegoro
    Thanks gan...

    Jujur itu indah
     
    Last edited: Jun 3, 2010
  4. bangzenk

    bangzenk (117) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Dec 24, 2007
    Messages:
    4,508
    Likes Received:
    2,579
    Location:
    WebDijual.com
    semoga bermanfaat buat semua.. sticked bro. :gembira:
     
  5. teguhaditya

    teguhaditya (124) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Jan 23, 2008
    Messages:
    7,503
    Likes Received:
    1,418
    Location:
    _ ▂ ▃ ▅ ▆ █
    hore dapet stiker :lol:
     
  6. aditiya1920

    aditiya1920 (108) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    43
    Location:
    Stay Here XTidu, Bojonegoro
    Wah, langsung stiki...
    Moga banyak yg mendapat manfaat...
     
  7. mamas86

    mamas86 (94) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    1,267
    Likes Received:
    109
    Location:
    Di HATImu... :)
    Ini bahasa jawa bukan ya???
    "Sak ne iki akeh penipuan cah !!"
    klo bahasa jawa kayaknya yang bener
    "Sak niki akeh penipuan cah !!"

    :lol:

    Thanks meluncur
     
  8. pemburudomain

    pemburudomain (53) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,159
    Likes Received:
    143
    Location:
    Bandung
    Thanks mod dah dijadiin Sticky , moga jadi manfaat bagi yang laen deh :gembira:
     
  9. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    Mantap bro sangat bermanfaat nih buat semua!
     
  10. pemburudomain

    pemburudomain (53) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,159
    Likes Received:
    143
    Location:
    Bandung
    @ idiontz : :D Penting Dun..
    @ aditiya1920 : sama-sama brow :D
    @ teguh aditya : iya , gan , dpt stiker wkwkwk..
    @ mamas86 : mungkin beda kota xD , saya kota Semarang (dulunya disini)
    @ Jokosan : thanks bro joko :D
     
    Last edited: Jun 3, 2010
  11. $ixpenc3

    $ixpenc3 (153) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    2,019
    Likes Received:
    185
    Location:
    Sukabumi
    nice post ... akhirnya di sticky juga ama si momod....
     
  12. reeVes

    reeVes (48) Super Hero Known Trader

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    2,020
    Likes Received:
    64
    Location:
    behind XT2i
    sticky :)

    salahsatu masalahnya yang .eu ya?
    Kirain udah kelar, ckck
     
  13. extraldonary

    extraldonary (77) Pejuang Blog Trusted Trader

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,660
    Likes Received:
    480
    Location:
    Sleman
    nambahin,
    buat penjual jangan alergi dengan FR (free review)
    FR banyak manfaatnya bagi semua, bagi penjual bisa menambah kredibilitas, efek jangka panjangnya akan membuat dagangan semakin laris manis
    bagi pembeli, jadi tahu kualitas barang sesungguhnya, gak beli kucing dalam karung, terutama bagi newbie, biar terhindar dari barang2 gak mutu

    idealnya setiap produk baru, ada beberapa free review, oleh orang2 yg cukup dipercaya disini, bisa momod atau yg statusnya Hero keatas dengan join date yg sudah lama.
    Pe-review yg sudah dikasih free, juga punya kewajiban menjelaskan detail produk sedetail mungkin, sejelas2nya, dan sejujur2nya.
    Akhirnya semua pihak akan mendapatkan keuntungan, semua senang
     
  14. regacohar

    regacohar Newbie

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    mantap lah ni bang ! bantu newbie macam aku hahaha ! :lol:
     
  15. W4nzz

    W4nzz (33) Super Hero Known Trader

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,342
    Likes Received:
    94
    Location:
    Kota Billboard (Medan)
    nih asli banget dari pengalaman yang semalam ya.. Ane cuman bisa ngasih :kembang:
     
  16. ibnu andhika

    ibnu andhika (178) Banned Trusted Trader

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    wah jelas dan sangat berguna semoga para penipu pada males jadi member sini karena siap-siap saja di keroyok dunia online maupun dunia nyata karena niat saja buat nipu pasti semua jalan tertutup dan buat yang niat baik dan ingin sukses berbisnis semakin percaya diri :silau:
     
  17. josimanis

    josimanis (189) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,680
    Likes Received:
    61
    Location:
    solo city
    mantabs neh pengarahan dari bro @TS, sangat bermanfaat sekali :kiss:
     
  18. xtmxady

    xtmxady (109) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    3,854
    Likes Received:
    74
    Location:
    Tarakan BAIS \m/
    Mantap neh bisa jadi plajaran untuk transaksi lainnya d forum ini... Entar kalo dah gak ol d hape thanks meluncur :senyum:
     
  19. suksesjitu

    suksesjitu (137) Super Hero Trusted Trader

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    3,813
    Likes Received:
    81
    Info yang sangat bermanfaat. :kembang:
     
  20. xrasi

    xrasi (47) Ads.id Fan Known Trader

    Joined:
    Apr 1, 2010
    Messages:
    214
    Likes Received:
    9
    thanks infonya master :)..

    tidak ada yg kurang dari penjelasannya seorang master :),
    sy hanya mo tambahin dikit untuk para penjual ini berdasar dari pengalaman saya tapi untungnya saya cepat tanggap dan tidak terpengaruh :)... Alhamdullilah
    untuk berhati2 dengan para pembeli yg terlalu banyak tanya diluar dari "hal" yg di beli atau malah lebih ke "sok dekat"
    ato lebih dikenal dgn teknik "Social engineering" untuk mendapatkan data2 penting kita tanpa disadari

    dari yg saya jumpai tekniknya spt ini :
    - 'buyer' kenalan trus ingin membeli
    - 'buyer' minta detail no rek
    - trus ngalihin perhatinan dari membeli "hal"
    - 'buyer' share ttg keluhan kerjaan dia (umummnya muluk2 ngakunya seorang manager ato memiliki apalah yg bernilai)
    - dan kemudian kita terpancing untuk memberi saran dan akhirnya share juga
    - kita sdh mulai akrab dgn 'buyer'
    - 'buyer' mulai mengorek2 info ttg kita
    - mulai dari meminjam contoh dokument bla..bla..bla dgn alasan bla..bla..bla
    - sampai akhirnya 'buyer' merasa cukup data untuk bisa ngebobol account kita, mungkin saja bobol atm rek kita ato apalah yg bisa menghasilkan

    buat buyer n seller harus berhati2!

    sy masih terlalu newbie utk hal ini hanya berbagi apa yg pernah saya alami :)

    thanks master2 and all adsense member..
     
    dCartes likes this.

Share This Page