1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

- Part III - Pengalaman Vistachan cari uang sambilan di Negeri Sakura

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by vistachan, Apr 6, 2010.

  1. vistachan

    vistachan Super Hero

    Joined:
    Apr 28, 2009
    Messages:
    2,122
    Likes Received:
    336
    Location:
    somewhere far from indonesia
    Berpikir kreatif, mengubah sampah menjadi uang

    Buat para pembaca setia, akhirnya bisa sempetin juga nulis novel Pengalaman Vistachan cari uang sambilan di Negeri Sakura, bagian ketiga. Belum ada penawaran penerbit nih, akan tulisan saya ... padahal udah tak tunggu2x :lol: Buat yang baru pertama ngintip nih artikel, bisa ikutin link di paling bawah untuk thread2x saya sebelumnya

    Setelah menjadi tukang cuci piring, menjadi pengajar di SD jepang, ane sudah masuk ke tahun ke-3 universitas di Jepang. Tentu aja kegiatan yang dulunya masih longgar alias masih bisa ngatur waktu untuk part-time di tengah2x kesibukan kuliah, udah ga bisa lagi karena setelah masuk tahun ke-3 , pelajaran2 jadi penuh banget, belum lagi kudu ngerjaiin tugas2 yg menggunung dan tugas2 itu kudu dikerjakan dalam bahasa Jepang ( yang saat itu bagi ane , buat bisa mengerti bahan pelajaran aja udah mulai mudeng, tapi kalau suruh nulis report dalam bahasa Jepang ane masih sulitt bangeettt ... karena nulis pake bahasa Indonesia aja masih amburadul :nangis: ). Jadi ane komitmen untuk konsentrasi lebih di kuliah, utk konsentrasi mengerjakan tugas2 yang ada, karena buat saya tugas2 kuliah itu amanat dan ibadah :senyum:

    Tentu aja karena konsen di kuliah, saya ga ada lagi uang sambilan dan bikin saya makin sulit untuk bisa survive hidup kalau cuma mengandalkan uang tabungan. Satu hari saya melihat isi lemari saya yang berisi banyak buku2 tebal2 pelajaran ( biar saya hidup hemat tapi untuk buku , saya rajin beli ... utk investasi diri ) Buku2 tebal ini kebanyakan saya beli dari toko buku bekas atau dari bazaar buku di kampus karena untuk merogoh kocek buat beli buku baru buat saya terlalu mahal. Beberapa buku itu saya beli sekitar 30% - 50 % dari harga buku baru. Nah, karna udah masuk tahun ke-3 , kadang ada beberapa buku yang udah bener2 saya ga butuhkan alias bidangnya udah berbeda . Kalau di tahun ke-2 kita disuruh belajar hampir seluruh ilmu misalnya akutansi , hukum , management , dan pas tahun ke-3 penjuruan saya ambil management , tentu buku2 tentang hukum udah boleh dikatakan ga akan pernah saya buka lagi ... padahal tuh buku harganya mahal banget.

    Saya kepikiran untuk menjual buku hukum tersebut yang saya beli seharga $50 ( harga aslinya $200 ), cuma bingung kemana saya harus jual ??? kalau jual lagi ke toko buku bekas , mereka itu belinya murah banget ( biasanya cuma dihargai 10% dari harga asli , atau kadang dihitung kiloan :swt: ). Daripada dijual murah banget , mending saya simpen ... tapi kalau saya simpen , cuma menuh2in lemari buku ... kalau saya buang lebih rugi lagi !!! :hmm:

    Nah, saya mulai cari info di internet gimana bisa jual buku bekas mahal dan ketemulah Amazon Jepang !!! Ternyata di amazon jepang ( dan juga amrik ) kita bisa jualan buku2 bekas ( istilahnya used book ) dengan harga yang bisa kita tentukan sendiri. Sistemnya kita jual buku bekas dengan sistem amazon dan amazon akan minta komisi sebesar 15% dari penjualan buku bekas tersebut. Setelah tau sistem itu ..... kesempatan banget buat saya yang punya buku2 mahal , pa tau aja ada yang mau beli dan membutuhkan buku2 tersebut.

    Hari pertama saya coba jual buku Hukum yg saya sebutkan diatas, kira2 begini itungannya

    harga aslinya $200 ( kalau buku baru )
    saya beli $50 ( saya beli dari bazaar buku)
    saya pasang harga $120 ( saya pikir kalau buku dikorting 40% dari buku baru , pasti ada lah yang mau beli )
    komisi amazon $18 ( 15% dari harga jual used book )
    ------------------------------
    untung $ 52 ( wooowww ... saya bisa pake ini buat beli buku baru )

    Ternyata baru saya taruh satu hari, besokannya udah ada pembeli nya !!!!!!!! :gembira:
    pembelinya seorang pelajar wanita dari Hokkaido, ini adalah pertama kalinya saya mendapatkan penghasilan dari online
    Hari itu juga saya bungkus buku itu dengan rapi, saya printed mail tanda ucapan terima kasih
    dan setelah diterima oleh pelajar tersebut, dalam tulisan reviewnya , dia sangat berterima kasih sekali
    bisa mendapatkan buku bekas dalam kondisi bagus dengan harga yang sangat murah :senyum:

    Baca hasil review itu saya jadi tertegun ... terharu karena saya telah ikut membantu seorang pelajar yang kesulitan uang untuk membeli buku baru ( layaknya saya dulu ) dan juga senang bisa memanfaatkan amazon untuk menambah uang saku saya agar bisa survive hidup di jepang. Buat saya ini suatu bisnis yang IDEAL , dimana pembeli senang, penjual senang dan amazon dengan sistemnya juga senang karena dapat komisi tanpa harus transaksi. Setelah itu saya coba untuk menjual buku2 pelajaran yang sudah tak terpakai di lemari buku saya. Daripada cuma jadi penghiias di lemari buku, saya rasa buku ini lebih baik dijual dan bisa dipakai oleh org yang benar2 membutuhkan.

    Tapi saya ga habis sampai disini, saya melihat ternyata ada peluang besar untuk mendapatkan uang sambilan dari amazon store dengan memanfaatkan barang2 bekas ( yang mungkin terlihat ga berguna dan diam di lemari buku ) . Kebetulan disekitar kampus saya banyak banget toko buku bekas ( yang pernah kuliah pasti taulah di sekitar kampus tuh banyak banget buku bekas kan ) dan toko2 buku bekas itu ga terkoneksi dengan internet jadi mereka ga tau tuh apa amazon store dan kesempatan utk jual buku bekas tersebut.

    Saya coba ke salah satu toko buku besar yang dikelola oleh pasangan kakek nenek ( umur 60 - 70 an ), saya lihat harga buku2nya yang rata2 diskon 70% atau cuma 30% dari harga buku baru. Kalau pake itung2an diatas , kalau saya berani jual buku tersebut dengan diskon 40% , saya masih dapat margin sekitar 25% lebih ( setelah dipotong 15% komisi ke amazon ). Tapi tentu aja saya ga mau ambil resiko dengan membeli buku2 itu tersebut baru saya jual. Tapi saya coba bawa memo kertas , terus saya memo ISBN ( nomor registrasi buku yang bisa dilihat di balik sampul ) seluruh buku2 yang saya lihat berpotensi untuk bisa dijual, berikut dengan harga2nya. Ada sekitar 200 buku yang saya list setiap minggu-nya dan rata2 adalah buku2 mahal yang harga aslinya diatas sekitar $100. Artinya buku tersebut tetap ada di toko buku bekas tersebut, kalau ada buku yang terjual, baru saya pergi ketoko buku tersebut, beli bukunya dan kirim bukunya ke customer.

    Dari list itu, saya bawa kerumah, masuk ke amazon store, saya tinggal isi nomor ISBN nya ke amazon store jepang, dan akan muncul sendiri judul buku dan harga asli, saya tinggal isi harga yang ingin saya jual ditambah dengan margin komisi yang ingin saya dapatkan. Dan bisa ditebak !!! saya mendapatkan banyak penjualan dari buku2 tersebut !!! :silau: Mulai dari buku2 sejarah, kamus norwegia-jepang, ensiklopedia ... macem2x deh

    Jadi kerjaan, memo buku bekas --> input ISBN ke amazon store --> ada yang beli, saya tinggal beli buku --> setelah itu ke kantor pos kirim --> dan memo lagi buku bekas

    Ada satu yang mengharukan buat saya ... semenjak saya jualan buku bekas di amazon store
    penjualan toko buku bekas kakek-nenek itu tentu aja melonjak tinggi, dan buku2 mahal yang
    biasanya sulit terjual, tiba2 bisa terjual dengan lancar. Hampir tiap hari ada buku yang terjual, jadi hampir setiap hari saya beli
    buku bekas ... dan kakek nenek itu makin hari makin kelihatan seneng, karena ada pemasukan lancar setiap hari :mataduitan:
    jadi konsep saling menolong dan membantu , terjadi dalam suatu sirkulasi yang sangat SEHAT !!!

    Jual beli buku ini cuma saya kerjakan selama 6 bulan, karena saya masuk ke tahun-4 dan kondisinya malah makin lebih sibuk. Namun, selama 6 bulan Saya mencetak keuntungan lebih dari $1500 dari penjualan buku bekas ini, yang buat saya suatu uang yang cukup besar buat saat itu.

    Semua bermula dari suatu ide yang sederhana. Dan terlebih lagi, bisnis ini buat saya merupakan bisnis yang paling sehat, semua senang .. semua gembira .. semua untung :senyum:

    Bagaimana dengan ente ??? kalau ada ide tentang bisnis yang sehat ... kenapa ga coba membagikannya ???
    saling berbagi dan saling membangun ... itulah harapan kita di forum adsense-id ini :senyum:

    Cerita pengalaman berikutnya akan tentang petualangan saya di yahoo auction ... lebih menjurus rada ke online earning

    kalau ada yang mau tanya ... silahkan silahkan ... selama ane bersedia menjawab, akan ane bantu jawab :senyum:so sering2 aja maen ke thread ini ... stay tunes on this channel !!!

    If you interest with this thread, you may also interest with below thread
    Pengalaman Vistachan cari uang sambilan di Negeri Sakura Part I
    Pengalaman Vistachan cari uang sambilan di Negeri Sakura Part II
    Pengalaman Vistachan cari uang sambilan di Negeri Sakura Part IV
    Bagaimana Vistachan menghadapi musibah gempa/tsunami di Jepang - Special Part -

     
    Last edited: Apr 9, 2011
    geewan, ars2010, bayufauzan and 63 others like this.
  2. exzant

    exzant Super Hero

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    2,284
    Likes Received:
    455
    Location:
    Solo ›› Jogja
    cm 1 kata.. Mantaaaaaabbbb....:lol:
     
  3. reeVes

    reeVes Super Hero

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    2,020
    Likes Received:
    64
    Location:
    behind XT2i
    top markotop ni :senyum:
    sayangnya amazon belom masuk indonesia ya? ada yg tau alt nya apa?
     
  4. ridwanox

    ridwanox Super Hero

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,111
    Likes Received:
    56
    Location:
    Tanah Air Beta
    :senyum:waw salut juga dengan pengalamannya.
     
  5. todi99

    todi99 Super Hero

    Joined:
    Dec 5, 2007
    Messages:
    802
    Likes Received:
    21
    Inspiratif. Cerita yang menggugah.
     
  6. diqky

    diqky Super Hero

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    1,736
    Likes Received:
    40
    wah mantabz sharenya.....


    makasih udah berbagi pengalamannya nih :gembira:
     
  7. yudharamadhona

    yudharamadhona Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2009
    Messages:
    2,540
    Likes Received:
    104
    Location:
    di gundukan $$$
    mantaaapp nih ceritanya, jadi semangat nih jadinya :gembira::gembira:
     
  8. arton

    arton Super Hero

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    1,465
    Likes Received:
    64
    Location:
    lampung
    keren... kapan nih di terbitkan novelnya..:silau:
     
  9. Boy'z

    Boy'z Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    2,106
    Likes Received:
    47
    Location:
    Bandung - Tanah Karo
    wow , cerita yg bagus mba ... inovatif bgt :gembira:
     
  10. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    wah jadi seleb baru nih, bisa-bisa laskar pelangi lewat :senyum:
     
  11. rivanx

    rivanx Super Hero

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    858
    Likes Received:
    40
    Location:
    di jogjakarta
    teruskan dan teruskan dan terusakan...


    masuk jurang.hahahhahha


    piss sob..
     
  12. babeh_orayz

    babeh_orayz Super Hero

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,269
    Likes Received:
    9
    Makin lama makin asyik nih
    ngikutin pengalaman mba vistachan :senyum:
     
  13. javanapoleon

    javanapoleon Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    795
    Likes Received:
    7
    Location:
    Ngayogyakarto
    mantaaaaab..
    makin sayaaaaang ama vistachan..
    :kembang:
     
  14. leniden

    leniden Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2008
    Messages:
    2,403
    Likes Received:
    410
    Location:
    Palembang
    Great share,,, Waiing for next part :)
     
  15. zim zim

    zim zim Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    503
    Likes Received:
    17
    Location:
    GA
    Hmmm...kalo di luar negeri, barang bekas pun laku di jual ya mbak.
    Saya dulu juga sempat jual barang barang bekas.
    Barangnya beli di Garage Sale / Yard Sale kemudian aku jual di craigslist.

    Menunggu kisah kisahnya yang lain nich :)
     
  16. zim zim

    zim zim Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    503
    Likes Received:
    17
    Location:
    GA
    Hmmm...kalo di luar negeri, barang bekas pun laku di jual ya mbak.
    Saya dulu juga sempat jual barang barang bekas.
    Barangnya beli di Garage Sale / Yard Sale kemudian aku jual di craigslist.

    Menunggu kisah kisahnya yang lain nich :)

    --- Update ---

    Maaf, kok jadi dobel gitu sich :(
     
  17. hanifah

    hanifah Super Hero

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    1,318
    Likes Received:
    23
    dari seri sebelumnya i, nih seri yang paling menarik :kebo::tepuktangan:
     
  18. engkoh

    engkoh Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    5,177
    Likes Received:
    591
    walah2.. mau comment apa lagi ya. Udh terkesima duluan. Conceptnya bener2 bagus.. Dan pastinya bisa diimplementasikan di jepang.. Mudah2an di sini juga bisa dan pelajar2 indonesia bisa bergerak ya..
     
  19. naufaljogja

    naufaljogja Super Hero

    Joined:
    Feb 17, 2009
    Messages:
    3,029
    Likes Received:
    127
    dari part I sampe part III, ane ikutin terus ...
    dan selalu ada benang merah yang ane dapet ...
    pantang menyerah, memanfaatkan semua peluang yang ada dan selalu bersyukur apa yang telah kita dapatkan....
     
  20. ungke

    ungke Super Hero

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    2,168
    Likes Received:
    81
    Location:
    Finally I'm MBA
    Wah, mantep bgt bu VistaChan.... :ok:

    minta YM dunk... di Taiwan juga banyak Toko buku bekas.dan harga nya juga jauh dari harga aslinya... kualitasnya sy liat jg masih sangat bgs.... tertarik jg e buat hal yg sama...

    btw, Buk VistaChan buat website khusus gk ya untuk itu dgn bhs jepang mgkn??? Thanks bgt share nya.... :salaman:
     

Share This Page