1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

DIKTAT DOMAIN (1) by p3durungan

Discussion in 'Hosting & Domain' started by p3durungan, Mar 14, 2010.

  1. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    Domain adalah alamat atau identitas unik yang memudahkan orang lain dalam mengakses content yang sudah anda sediakan. Sementara content atau file tersebut disimpan dalam hosting, yang menjembatani antara hosting dengan domain adalah setting NS. Domain merupakan suatu hak milik yang kepemilikannya berdasarkan registrasi dan diatur oleh badan internasional ICANN.

    Domain yang sudah pernah didaftarkan/digunakan dan pada akhir masa registrasinya tidak diperpanjang maka domain tersebut akan “dropped” dan bisa diregistrasi oleh orang lain. Misal domain dropped tercatat pertama kali didaftarkan tahun 1995 tetapi sebetulnya pada tahun 2000 pernah tidak diperpanjang extensinya. Pada akhir masa registrasi suatu domain akan masuk kondisi non active selama 30 hari sebelum akhirnya masuk ke service backorder semacam TDNAM.

    Top Level Domain (TLD) atau extensi merupakan bagian tidak terpisahkan dari suatu domain : com / net / org / info / ws / name / biz dll. Ada juga extensi yang menjadi penanda suatu Negara seperti : id / us / fr / cn / sg dll.

    L = Letter yang berarti huruf
    N = Number yang berarti angka
    C = Character yang bisa berarti L (letter/huruf) atau bisa berarti N (number/angka)
    C = Consonant atau huruf mati
    V = Vowel atau huruf hidup

    Bagaimana cara meregistrasi suatu domain? Ada banyak perusahan registrar atau reseller registrar yang dapat kita gunakan, beberapa yang cukup popular adalah :
    - Godaddy.com
    - Name.com
    - Moniker.com
    - Namecheap.com
    - Dynadot.com

    Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, Godaddy paling popular dan paling sering digunakan selain karena total control DNS nya, juga sering memberikan diskon melalui kupon sehingga kita bisa mendapatkan biaya registrasi paling murah.

    Parameter yang menentukan harga suatu domain secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua yaitu Undeveloped dan Developed.

    Undevelop Factor :
    1. Extensi yang paling valuable adalah dot com, selanjutnya dot net dan dot org.
    2. Jumlah karakter atau panjang pendeknya nama domain. Laptop.com terdiri dari 6 huruf sementara Buycheaplaptoponline.com terdiri dari 20 huruf. Semakin pendek atau sedikit jumlah karakternya maka domain tersebut makin mahal.
    3. Niche atau keyword yang terkandung dalam domain, hal ini kaitannya dengan search volume dan nilai Cost Per Click. Semakin tinggi search volumenya biasanya CPC nya semakin tinggi dan domain tersebut harganya semakin mahal.
    4. Pronouncables, merupakan factor yang melekat pada domain yang jumlah karakternya di bawah 10. Sebagai contoh : Imezi.com adalah pronouncables, berbeda dengan Xzmtg.com yang tidak dapat dilafalkan.
    5. Pattern atau pola yang terkandung dalam suatu domain seperti CVCV atau VCVC atau CVCVC atau VCVCV. Faktor ini juga berkaitan dengan factor pelafalan (pronouncables). Nihin.com mengandung pattern CVCVC sementara Ilano.com patternnya adalah VCVCV.
    6. Typo merupakan suatu bentuk salah ketik. Busines.com adalah typo dari Business.com. Faktor ini erat kaitannya dengan traffic dan popularitas dari domain asli yang menjadi rujukan domain typo. Typo juga harus memperhatikan letak huruf dalam keyboard computer. Creditcsrd.com merupakan typo yang lebih masuk akal dan lebih mahal daripada Creditckrd.com karena lokasi huruf “S” di keyboard jauh lebih dekat ke huruf “A” sehingga kemungkinan orang salah ketik jauh lebih besar, sementara yang menggunakan huruf “K” justru kemungkinan besar tidak akan ada yang salah ketik seperti itu.
    7. Trademark, merupakan kemiripan nama domain atau bahkan nama sama tapi beda extensi. Contoh ebay.ws atau ebay.name merupakan trademark dari ebay.com. Biasanya domain trademark bisa ditawarkan kepada pemilik asli merk nya, tetapi penawaran harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya tidak terkesan memeras.

    Developed Factor :
    1. Age dan residual traffic. Suatu domain yang berumur lebih dari 1 tahun (never dropped) biasanya masih memiliki backlink dan traffic dari hasil promosi pemilik sebelumnya. Semakin lama umur dan semakin banyak residual traffic nya maka semakin mahal pula domain tersebut.
    2. Popularity & backlink, semakin banyak backlink dan semakin tinggi popularitynya maka domain tersebut akan makin mahal.
    3. Pagerank, adalah suatu parameter yang diberikan google dengan menggunakan algorithma khusus. Algorithma tersebut berubah secara terus menerus sehingga tidak dapat dipastikan sama sekali.


    Ke sepuluh factor diatas tidak berdiri sendiri tetapi secara kombinasi akan menentukan harga suatu domain. Ada juga factor kesebelas yaitu “pembeli”.

    Monetisasi / Earn Online
    Secara umum jika kita hanya bicara domain maka monetisasi / earn onlinenya hanya dua saja : Parkiran dan Flipping domain.

    Parkiran
    Menggunakan domain untuk menampilkan iklan dari penyedia iklan. Penyedia parkiran ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Beberapa penyedia jasa parkiran adalah :
    - Whypark.com / Parked.com
    - Namedrive.com
    - Adsense for domain
    - Godaddy.com
    - Sedo.com
    - Trafficz.com

    Flipping Domain
    Hukum yang sudah umum dan jelas adalah : beli murah jual mahal. Bagaimana cara membeli secara murah ?
    - Beli dari thread di forum seperti digitalpoint.com, adsense-id.com, namepros.com, pasardomain.com dll.
    - Beli dari auction di ebay.com.
    - Pembelian massal dari Godaddy menggunakan kupon diskon.

    Bagaimana cara menjual mahal?
    - Cantumkan data pendukung seperti search volume, exact search, nilai CPC, appraisal Estibot dll.
    - Jual secara auction di thread forum seperti di atas dengan setting start price minimal sama dengan harga pembelian.
    - Jual kepada kolega / rekan Anda yang ber spesialisasi terhadap kategori domain tersebut.
    - Parkir di Sedo dan masukkan sebagai “available for sale”

    Panduan Dasar Lain-lain :
    1. LLL.Com adalah domain yang hanya terdiri dari tiga huruf saja, harganya berkisar di 100$ s/d tidak terbatas. Kalau tidak salah FLY.COM dulu laku terjual 125.000$
    2. CCC.Com adalah varian dari LLL.Com, merupakan domain tiga karakter kombinasi angka dan huruf, harganya bisa mencapai 50$ s/d tidak terbatas.
    3. LLLL.Com adalah domain yang hanya terdiri dari empat huruf saja. Untuk kategori ini masalah pronouncable, pattern dan vocal/consonant sangat mempengaruhi harga. Selain itu ada juga istilah badword : X, Y, Z, W, Q yang akan mengurangi nilai suatu domain. Biasanya untuk LLLL.Com yang brantakan macam XIYG.Com atau YZWX.Com harganya berkisar pada 5$ s/d 10$. Sementara untuk NEON.Com tentu saja harganya jauh lebih mahal.
    4. Pola pada point 1 s/d 3 diatas bisa juga berlaku pada extensi lain seperti dot net atau dot org tapi tentu saja harganya dibawah extensi dot com.
    5. Dictionary Word adalah kata yang dapat ditemukan dalam kamus. Contoh : EMBASSY.COM. Walaupun secara umum dictionary / kamus yang digunakan adalah kamus bahasa inggris, tidak menutup kemungkinan juga untuk kamus bahasa lain.
    6. One / Two Word berarti domain yang hanya terdiri dari satu / dua kata.
    7. Membeli secara missal memanfaatkan kupon diskon di Godaddy bisa menghasilkan uang. Seperti kita ketahui dot info di Godaddy hanya di kisaran 1,2$ dan dengan memanfaatkan berbagai macam kupon diskon bisa didapatkan harga lebih murah lagi s/d 0,8$ per domain. Untuk melakukan hal tersebut harus dilakukan riset niche dan keyword terlebih dahulu. Misal kita lakukan pembelian 50 domain dot info dengan total harga pembelian 40$. Pertama kita lakukan lelang dengan start price 2$ increment 1$ BIN 5$. Ternyata 3 domain laku pada harga BIN, 4 domain laku pada harga 3$ dan 6 domain laku pada harga 2$ total menghasilkan 39$. Tersisa 27 domain lagi, tunggu 2 / 3 hari untuk melakukan lelang ulang dengan start price 1$ increment 0,5$ BIN 3$. Mungkin saja ke 27 domain sisa tersebut laku pada harga 1$ saja menghasilkan 27$. Jadi dari dua lelang tersebut secara total menghasilkan 66$ yang berarti net profit 26$.

    Diktat Domain (2) by p3durungan : http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/36712-DIKTAT-DOMAIN-%282%29-by-p3durungan?p=441848

    Disclaimer : Panduan dasar ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Banyaknya factor yang berpengaruh maka angka atau perhitungan atau perkiraan bisa mengalami deviasi. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul secara langsung atau tidak langsung karena menggunakan materi panduan ini.
     
    Last edited: Mar 18, 2010
    Sash, Q-loy, p3tir and 56 others like this.
  2. aminhidayat

    aminhidayat Super Hero

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    1,678
    Likes Received:
    76
    Location:
    tokopedia
    mantab gannn diktat nya :;
     
  3. ♥yubi♥

    ♥yubi♥ Super Hero

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    2,522
    Likes Received:
    250
    Location:
    Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    harus baca berulang ulang nih supaya paham bener , thanks sharenya brother :senyum:
     
  4. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    tengkiu Sob, sementara ini baru sedikit, nanti kalau ada ide akan saya lengkapi lagi. Diktat ini juga saya buat untuk bahan kegiatan Loyalitas.com. so buat rekan-rekan yang ada tambahan, kritik, saran atau pertanyaan bisa di post disini dan akan saya coba jawab sebaik mungkin. Thread ini akan saya rangkum untuk bahan tutorial buat kegiatan Loyalitas.com.
     
  5. avianto

    avianto Super Hero

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    3,112
    Likes Received:
    467
    TOP dah....newbie mau ikutan belajar ah....:senyum:
     
  6. family man

    family man Super Hero

    Joined:
    Sep 22, 2008
    Messages:
    909
    Likes Received:
    95
    Location:
    Mountain village, cileunyi
    manteb nih.... tunggu lanjutanya pren... :)
     
  7. ridwanox

    ridwanox Super Hero

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,111
    Likes Received:
    56
    Location:
    Tanah Air Beta
    :senyum: pengetahuan akan domain masih kurang, but thanks untuk artikelnya
     
  8. mukh17

    mukh17 Perjaka Single

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    2,507
    Likes Received:
    99
    Gan ane pernah denger bahwa nama domain itu gaibnya berupa nomor-nomor a.k.a IP...Supaya dimengerti bahasa mesin dan sebagai sarana mempermudah pengidentifikasian server juga nantinya...
    Katanya...
    Bener gak gan... MOhon pencerahannya...
     
  9. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    asik akhirnya bertambah ilmu tentang domain terima kasih Om mantab deh jadi semangat terussssss
     
  10. mafialink

    mafialink Super Hero

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    2,600
    Likes Received:
    230
    lengkap nih infonya...

    thanks yah..
    kalau bisa di pertambah lagi infonya
     
  11. indrajid

    indrajid Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2007
    Messages:
    3,964
    Likes Received:
    82
    Location:
    Sembada - Berirama
    :hmm: angguk2 :bungkus:
     
  12. Fauzi2406

    Fauzi2406 Super Hero

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    58
    Location:
    Desa Suci
    info yang menarik....:senyum:
     
  13. sormenz

    sormenz Super Hero

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    1,637
    Likes Received:
    48
    Location:
    Medan
    ceileh.... nih diktat gak bayar kan pak dosen...

    :lol:

    dari jatprem beralih ke dosen ads-id nih om p3d

    :peace:

    btw,, very useful thread,, ane kasih cendol (rate) aja ya kang....
     
    Last edited: Mar 14, 2010
  14. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    yang berupa ip itu server hostingnya, untuk menjembatani antara domain dan hosting ada yang namanya DNS setting. Itu yang bakal mengarahkan domain ke hosting.
     
    mukh17 likes this.
  15. roeltw

    roeltw Super Hero

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,657
    Likes Received:
    733
    Location:
    wow-o.com
    manteb diktatnya...
    serasa kuliah lagi... :D
     
  16. dafid

    dafid Super Hero

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,139
    Likes Received:
    24
    nambah ilmu lagi nich.izin copas bos,...
     
  17. ucok82

    ucok82 Super Hero

    Joined:
    May 31, 2008
    Messages:
    904
    Likes Received:
    30
    wew mantab bro..ditunggu kuliahnya lagi..perasaan yang kek gini gak diajarin dikuliahan ane
     
  18. engkoh

    engkoh Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    5,177
    Likes Received:
    591
    @0m p3d: bukan gan, mungkin maksud'y gni kali (maap kalo slh).
    Mukh bilang, dulu d0main itu berupa angka2. Ane sering nemu d0main, p0rt ip2. . Kaya chip f0rum, dsb. .
    Ow ya, mw tanya dunx, om p3d, appraisal di estib0t, byr ga? Di g0daddy kan yg dpt certificate itu byr $30, nah, perkiraan d0men kita, di kisaran harga brapa ya?
    Pernah sale di sed0 om, pngen c0ba ni. Syarat'y apa?
    Tq..
     
  19. Dani KJM

    Dani KJM Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 2, 2009
    Messages:
    460
    Likes Received:
    9
    Location:
    Banjarmasin
    mantap 'diktat' nya.... lanjut GAN!
     
  20. gogobilo

    gogobilo Super Hero

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    765
    Likes Received:
    33
    nambah pengetahuan neh... ditunggu DIKTAT DOMAIN (2) by p3durungan dst............
     

Share This Page