1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Sejarah Hacker

Discussion in 'Komputer' started by Bonie, Sep 20, 2008.

  1. Bonie

    Bonie Super Hero

    Joined:
    Apr 20, 2008
    Messages:
    1,105
    Likes Received:
    23
    Location:
    BonieBarlian.com
    Sejarah Hacker

    Istilah Hacker sendiri lahir sekitar tahun 1959 dari MIT(Massacusetts Institute of Technology), sebuah universitas di Amerika yang terdiri dari orang-orang cerdas namun cenderung tidak mempercayai adanya Tuhan (Atheis). Saat itulah semua berawal, dari sebuah ruangan baru, "EAM room" pada Building 26 MIT, sebuah tempat yang merupakan nenek moyang dari "dunia baru" yang kini kita kenal, tempat nenek moyang sebuah mesin yang kini kita sebut sebagai "komputer", mesin yang mampu membawa kita menuju kelebihbaikan dengan kebebasan informasi, dunia para Hacker sejati.

    Para Hacker selalu bekerjasama secara sukarela menyelesaikan masalah dan membangun sesuatu. Mereka selalu berbagi informasi, memberi jawaban serta berlomba-lomba untuk berbuat yang terbaik agar dihormati di lingkungannya. Mereka tidak pernah berhenti belajar untuk menjadi ahli dan sangat anti untuk melakukan sesuatu berulang-ulang dan membosankan. Mereka berpedoman pada kata-kata bijak : “Untuk mengikuti jalan - pandanglah sang ahli - ikuti sang ahli - berjalan bersama sang ahli - kenali sang ahli -jadilah sang ahli ”

    Sementara itu, para cracker sibuk untuk memuaskan diri mereka dengan aktivitas Cracking. mulai dari membobol komputer, menebar virus (tanpa tujuan - beberapa Hacker sejati ada yang menulis virus namun dengan tujuan yang jelas), hingga mengakali telepon (Phreaking). Para Hacker menyebut mereka sebagai orang malas yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sangat tidak adil jika kita tetap menganggap bahwa Hacker itu jahat dan menakutkan karena sangat jelas bahwa Hacker bersifat membangun sementara Cracker bersifat membongkar.

    Ingin jadi seorang Hacker?? Tidak ada kata sulit bagi mereka yang mau belajar. Untuk menjadi seorang Hacker anda harus menguasai beberapa bahasa pemrograman dan tentu saja sikap-sikap yang bisa membuat anda diterima di lingkungan mereka. Biasanya calon Hacker memulai dengan belajar bahasa [Python] karena bahasa ini tergolong bahasa pemrograman yang termudah. Bahasan mengenai bahasa ini bisa anda lihat di www.python.org. Setelah itu anda juga harus menguasai [java] yang sedikit lebih sulit akan tetapi menghasilkan kode yang lebih cepat dari Python, [C], [C++] yang menjadi inti dari UNIX, dan [Perl] (www.perl.com ) serta [LISP] untuk tingkat lanjut.

    Setelah menguasai semua kemampuan dasar diatas, calon Hacker disarankan untuk membuka salah sati versi UNIX open-source atau mempelajari LINUX, membaca kodenya, memodifikasi dan menjalankannya kembali. Jika mengalami kesulitan, disarankan untuk berkomunikasi dengan club pengguna Linux [ www.linpeople.org]

    Sisi menarik dari seorang Hacker adalah dimana mereka saling bahu-membahu dalam menyelesaikan sebuah masalah dan membangun sesuatu. Tetapi sayangnya, kehidupan mereka yang menghabiskan 90% waktunya untuk aktivitas Hacking bukanlah hal yang baik. Kalau memang benar-benar ingin jadi Hacker, jadilah Hacker yang baik...

    :)Tingkatan-tingkatan Dalam Dunia Hacker

    Elite :

    Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

    Semi Elite:

    Hacker ini biasanya lebih mudadaripada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecilprogram cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh Hacker kaliber ini, sialnya oleh para Elite mereka sering kali di kategorikan Lamer.

    Developed Kiddie:

    Sebutan ini terutamakarena umur kelompok ini masih muda (ABG)&masih sekolah. Mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik UserInterface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

    Script Kiddie:

    Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

    Lamer:

    Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang Hacker & ingin seperti itu. Penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit. Biasanya melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke & DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel dsb. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

    Source:
    spyrozone
     
  2. wiswa

    wiswa Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 12, 2008
    Messages:
    224
    Likes Received:
    3
    Location:
    Denpasar,Bali
    woi...good information....
     
  3. Bonie

    Bonie Super Hero

    Joined:
    Apr 20, 2008
    Messages:
    1,105
    Likes Received:
    23
    Location:
    BonieBarlian.com
    Mau jadi hacker ya boss?
     
  4. melano

    melano Newbie

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    nice inpo nih...
    (cape donk harus 20 hurup) :swt:
     
  5. kunc86

    kunc86 Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    308
    Likes Received:
    1
    Location:
    Semarang
    nice inpooooo....

    @melano
    hahaha.. klo ga 20 huruf ntar pada ngejunk de...
     
  6. adisini

    adisini Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2006
    Messages:
    963
    Likes Received:
    123
    ts dah masuk golongan apa ni di hacker?
     
  7. oxlay

    oxlay Newbie

    Joined:
    Jan 29, 2008
    Messages:
    41
    Likes Received:
    10
    lumayan lah bisa nambah wawasan org gaptek kaya gw... :lol::senyum:
     
  8. diqky

    diqky Super Hero

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    1,736
    Likes Received:
    40
    gitu ya awal mula dunia hacker. Mantap informasinya...
     
  9. ariex

    ariex Newbie

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Location:
    jogjakarta
    kapan gw bisa jadi elite yah?:lol:
     
  10. apriel

    apriel Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 10, 2006
    Messages:
    175
    Likes Received:
    15
    Location:
    Surabaya
    Hmmm. menurut gw ga gt deh sejarahnya.. Apa hubungannya Hacker dengan Atheis.. Bonie tell us something Nonsense ... !!!

    Awal mula hacker beraksi setau yg gw baca yach itu sejak "Bell Invention" menemukan saluran Telepon Nasional pertama kali di Amerika... Nah setelah Perusahaan ini sukses, muncullah beberapa orang yang ingin mencoba2 celah keamanan sistem baru ini.. Hacker pun bermunculan disini..

    Sementara istilah hacker sendiri digunakan sejak tahun 1960 dimana beberapa Genius dari MIT mencoba membuat sebuah program sendiri yang bisa membuat jalan pintas memasuki Main Server Kampus MIT, orang2 lalu mereka menamai kegiatan yg mereka lakukan dengan nama "hacks or shortcut".. dari sinilah istilah pertama kali digunakan.

    Sejak awal beraksi Anak2 MIT ini selalu berpegang pada etos: believed in the freedom of information and technology.. Seperti pernyataan salah satu tokoh hacker terkenal "Richard Stallman" Founder of Free Software ... say :

    "In 1971 when I joined the staff of the MIT Artificial Intelligence lab, all of us who helped develop the operating system software, we called ourselves 'hackers'. We were not breaking any laws, at least not in doing the hacking we were paid to do. We were developing software and we were having fun. Hacking refers to the spirit of fun in which we were developing software. The hacker ethic refers to the feelings of right and wrong, to the ethical ideas this community of people had -- that knowledge should be shared with other people who can benefit from it, and that important resources should be utilized rather than wasted."

    Lalu generasi berikut dari orang2 diatas terus bertambah dan justru berlanjut menjadi sebuah momok bagi dunia internet.. Sejak diperkenalkan ke dunia international, Internet memegang peranan dalam munculnya para Cracker.... Hacker yang masuk ke dalam suatu sistem dan merusak sebagian atau seluruh aset dari sistem itu... Para cracker banyak yang membobol suatu sistem demi sebuah keuntungan yang memang tidak sedikit .. Tapi yach itulah dunia, ada orang baik dan ada juga orang jahat..

    Sementara untuk tingkatan Hacker, biasanya yang benar2 hacker cuma golongan Elite saja.. Sementara golongan Semi Elite adalah mereka yang membuat suatu Source Code yang disebarluaskan kepada orang lain untuk sekedar mengetest kemampuan dari apa yang telah dikerjakannya.. Sementara yang dibawah2 itu rata2 semuanya CRACKER kelas kakap...Cuma tau ngambil source code untuk dikembangkan lagi.... ^_^.. mungkin itlah sebagian yg saya tau.. Kalo salah mohon diperbaiki....

    salam,
    apriel
     
  11. ikanturu

    ikanturu Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 3, 2009
    Messages:
    123
    Likes Received:
    1
    nice info..trima kasih gan
     
  12. vBulletin

    vBulletin Banned

    Joined:
    Feb 9, 2009
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    waduh, terima ksh info nya yah :nangis:
     
  13. yayack2

    yayack2 Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 21, 2011
    Messages:
    57
    Likes Received:
    0
    Location:
    Indonesia
    mmm..
    jadi tertarik..
    belajar ahh..
     
  14. kawasts

    kawasts Hero

    Joined:
    Dec 29, 2005
    Messages:
    544
    Likes Received:
    60
    Location:
    IP address lookup
    wogh,...bacaan berbobot nih. Kren....:D
     
  15. kangahlul

    kangahlul Hero

    Joined:
    Dec 10, 2010
    Messages:
    567
    Likes Received:
    30
    Location:
    Rumah Tercinta
    namaku kok terkenal banget ya??? aku aja heran kok bisa begitu... [ahlul aryana aji]
     
  16. Eisen

    Eisen Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    76
    Likes Received:
    1
    Location:
    Jakarta Timur
    wah seru nich argumentasinya....

    :hmm:
     
  17. master

    master Super Hero

    Joined:
    Oct 15, 2010
    Messages:
    872
    Likes Received:
    7
    lumayan nih ada info tentang sejarah hacker. thx a lot lah.
     
  18. theniez

    theniez Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2009
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    kalo ane hacker apa bukan ya...?? Gpp lah ga jadi hacker juga asal jngn jadi junker aja.... :D
     
  19. cakilmbeling

    cakilmbeling Super Hero

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    812
    Likes Received:
    32
    Location:
    Ogoronop, Indonesia
    manteb gan...jadi inget waktu pertama kenal internet dulu ..wkwkwkw pengin jadi Hacker.. :D... kata hacker terdengar begitu keren di telinga saya hahahhah
     
  20. B_doT InsIde

    B_doT InsIde Super Hero

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    943
    Likes Received:
    234
    Location:
    Cianjur City
    menarik banget nih bahasannya... tambah lagi donk... siapa2 aja hacker2 kelas kakap ntu..
     

Share This Page