1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Spin2.

Discussion in 'SEO Tips' started by xavhansen, Oct 18, 2012.

  1. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    Bagian 1: Persiapan Blog

    Bagian 1: Persiapan Blog - Ya ini bagian 1 nya... :D
    Bagian 2: Tips Hi-Quality Content 1 - Klik di sini
    Bagian 3: Tips Hi-Quality Content 2 - Klik di sini
    Bagian 4: Tentang Tata Letak Blog - Klik di sini

    Fast Tips 1: Tips Biar Gak Terlalu Capek Bikin Artikel, Tapi Artikel Tetap Hi-Quality - Klik di sini
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Sebelumnya, maafkan nubi yg sudah berani share. Bukannya nyombong ato sok. Masih banyak master yg lebih jago di sini. :) Trid ini saya buat khusus buat temen2 blogger yg seperti saya, menganut jalan manual blogging dan membuat hi-quality content. Karena saya cari aman aja. Dulu sempet kepikir mo auto2 and spin2, tapi takut. Belum pinter mainnya. Ntar malah bahaya. Mo main backlinking? Sama aja. Masih was2. Jadi y udah... Cari aman. Main artikel dan kalo sempet, baru nanem BL. :D

    Semoga trid ini bisa membantu. Dan mohon maaf kalo ada salah2. Nubi cuma coba share ilmu yg didapat. :)

    Catatan: yg mau baca bagian berikutnya, langsung aja klik link paling bawah dari posting ini. Go ke bagian 2. :)

    Hasil apa yang saya capai dari langkah2 yg saya lakukan di bawah ini?


    • Blog saya usianya baru 6 bulan.
    • Ada 99 artikel. Terindeks Google sekitar 85an.
    • Update 1 minggu sekali, bahkan kadang 2 minggu sekali.
    • PR 1. Tadinya 2. Karena males cari BL mungkin, jadi turun 1.
    • Alexa 25X.XXX.
    • UV 1500an/ day.
    • PV 2000-2500an/ day.
    • Site linking in, menurut alexa, 97 website.
    • Stat tersebut terus merangkak naik.

    Statistik di atas tentunya masih sangat kecil klo dibandingkan dengan para master. Cuma ga apa deh. Tetep share aja. Dulu sewaktu masih awal blogging, statistik segitu jadi impian saya. Di mana saat statistik blog saya cuma 1-10 PV/ day. PV loh! Bukan V atau UV. :))

    Apa yg saya lakukan buat dapat statistik segitu dengan manual blogging?

    Saya hanya seorang blogger nubi yg ga terlalu ngeh dengan SEO yg lumayan ribet. Apalagi SEO off page yg sangat erat kaitannya dengan BL (backlink). Saya ini orang yg malas cari BL. Sudah malas cari BL, ditambah lagi, si Mbah Google terus2an nambah peliharaan baru (Panda, Penguin, trs apa lagi? Makin imut binatangnya, makin payah aja ni ngurusnya.). Jadi tambah malas, ntar salah2 cari BL, malah kena hukum dari Google. Oleh karen itu, saya cuma fokus ke pembuatan konten saja.

    OK.... Saya mulai cerita saya... :) Maaf klo capek bacanya. Saya sampein sesuai kronologi aja biar lebih enak (setidaknya menurut saya lebih enak. :D )

    Sebelum buat blog

    Untuk langkah pertama awal2 blogging, saya sadar klo niche yg saya pilih tu udah over-crowded. Bahasa Indonesia pula. Tambah berat dah saingannya. Tapi karena saya suka bidang itu. Itu salah satu hobi saya. Y udah... Nekat jalani. Meskipun sudah riset pakai Google Trends, Google Insight, kurvanya untuk negara Indo, turun. Tapi saya tetep nekat.

    Yang penting saya suka bidang itu. Itu hobi saya. Saya enjoy nulis artikelnya. Sikatttt... Bikin lah blog dengan topik komputer.

    Pembuatan blog

    Perencanaan konten

    Saya lakukan mind-mapping. Kira2 blog komputer ini akan mencakup apa aja. Kategori yg ada nantinya apa saja. Tag2nya. Dll dll. Akhirnya ketemu 5 kategori awal. Terus lanjut ke tahap pembuatan blog.

    Teknik mind-mapping buat konten blog bisa belajar dari problogger.net. Ada ebooknya problogger, tapi mahal. Jadi saya kumpulin sepotong2 aja dari artikelnya. Toh ebooknya memang kumpulan2 artikel nya sendiri. Jadi klo temen2 main belajar mind-mapping buat konten blognya, rajin2 baca problogger.net. Saya ga kasi semuanya di sini. Biar temen2 ada usahanya, dan sekalian belajar bahasa Inggris. Gimana pun, sangat banyak ilmu blogging yg mantep yg disampein dlm bhs Inggris.

    Proses pembuatan blog

    Ni tahap2 saya bikin blog yg sebelumnya udah direncanain matang2. Perencanaannya, saya belajar dari problogger.net, quicksprout.com, copyblogger.com, dailyblogtips.com.


    Minggu 1

    Di proses ini, saya beli domain (pilih domain yg brandable) dan sewa hosting (hostingnya dari member sini juga koq), dan install WP. Cuma dalam tahap ini, WP saya kasi plugin WP Cooming Soon (singkat aja ya, jadi WPCS, biar gampang). Jadi isinya masih pengumuman akan segera di launch. Di situ saya kasi kata2 yg kira2 bisa merayu visitor buat pencet salah satu tombol yg ada. Entah itu Like, Follow, atau Subscribe. Cara bikin kata2 merayu ini, saya belajar banyak dari copyblogger.com.

    Setelah install plugin WPCS, saya setting launch nya 30 hari lagi. Memang saya set lama, biar persiapannya mantep. Terus saya sebarin ke FB dan kaskus. Selain itu juga jawab2 pertanyaan di Yahoo Answer. Daftar2 ke direktori blog. Ini saya lakuin selama minggu pertama.

    Minggu 2-3

    Setelah minggu pertama, saya mulai siapin konten. Karena blog saya ada 5 kategori, saya mau semuanya terisi dulu sebelum dilaunch. Jadi saat launch, udah ada artikel yg bisa dibaca visitor. Masing-masing kategori, saya isi 1-2 artikel.

    Pembuatan artikel ini makan waktu kira2 2 minggu. Soalnya saya pikirin bener2 apa yg harus ada. Artikel2 dasar tersebut saya jadikan sebagai pillar content. Semua hal-hal dasar yg harus diketahui visitor sebelum lebih jauh menelusuri blog saya, ada di artikel2 awal tersebut. Dari artikel2 ini pula nantinya nge-link ke artikel2 ke depannya. Jadi sampai sekarang, artikel2 di blog saya hampir semuanya nyambung. Sangat sedikit yg berdiri sendiri.

    Setelah semua artikel jadi, saya uplod semua artikelnya. (Catatan: saya bikin artikelnya pake software Dark Room. Biar bisa konsen. Ini rekomendasi dari problogger.net). Gimana cara bikin artikel yg baik? Ntar di bagian bawah saya share. Ini share pembuatan blognya dulu.

    Minggu 4

    Di minggu ini saya oprek template. Saya install plugin2 yg diperlukan. Pokoknya minggu ini masalah teknis saya beresin. Bikin logo juga pada minggu ini. Dan di sinilah WPCS sangat membantu. Dengan plugin ini, cuma admin yg bisa liat template yg lagi dioprek. Visitor cuma bisa liat halaman Cooming Soon.

    Plugin yg saya install di minggu ini:


    Jetpack​
    W3TC​
    STT2 (Pindahan hosting, sekarang udah ga. Dilarang. :D)​
    WPTouch​
    Wordpress SEO by Yoast​
    nRelate​
    Google XML Sitemap​
    Better WP Security​
    Digiprove​
    Smart Youtube​
    WP-Optimize​
    Simple Tags​
    PubSubHubBub

    Tentang kegunaan plugin2 itu, saya rasa sedikit banyak temen2 udah tau. :) Ga perlu dijelasin toh...



    Template yang saya pakai: Genesis Framework + Magazine Child Theme

    Setelah selesai, masih ada waktu beberapa hari lagi, saya pake buat teliti semua kesiapannya. Setelah beres, tinggal promosi dikit2 sana sini. Blog walking. Dll. Awal2 masih rajin cari BL. Lama2 capek juga, setelah dapat 50 BL, saya berenti. Ga ada waktu lagi. Soalnya kerjaan saya di dunia offline juga makin banyak.​

    Peluncuran Blog...

    JRENGGG... Hari pertama opening, semua artikelnya langsung saya submit ke berbagai website. Entah itu jejaring sosial, social bookmarking, ato apalah. Bahkan sampai set status di BBM. Pokoknya promosi. Lagian artikelnya belum ada 10 buah. Jadi masih ringan promosinya. Dan lumayan. Hari pertama langsung beberapa ratus. Mungkin karena orang penasaran gara2 Cooming Soon page nya. Setelah itu, hari2 berikutnya, turun. Saya pikir ini karena artikelnya masih sedikit. Index Google masih kurang, dan bacaan buat visitor juga masih dikit. It's OK lah. Wajar.

    Berikutnya, saya hanya tinggal jalan aja. Bikin artikel yg bagus. Nulis, nulis, dan nulis. Pokoknya gitu. Tapi tunggu dulu, bikin artikelnya juga ada seninya. Saya juga pilih2 mana artikel yg boleh diindex Google, mana yg ga boleh. Kenapa pilih2? Pilihnya yang kek gimana? Yang jelas, semua artikel yg terindeks search engine, semuanya rata dapat trafik dari search engine. Sesuai keinginan saya.​

    Tips Hi-Quality Content 1

    Tips penggunaan kiwod. Cara menangani low-quality content. Dll. Klik di sini.
     
    Last edited: Nov 13, 2012
  2. Ozeen

    Ozeen Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    234
    Likes Received:
    24
    Location:
    PP. Krapyak Almunawir Yogyakarta
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    saya bingungnya SEO OF page biasanya pake apa?
     
  3. L-man

    L-man Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 16, 2011
    Messages:
    210
    Likes Received:
    11
    Location:
    Malang Jatim
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    di tunggu dah. . .
     
  4. adang83

    adang83 Hero

    Joined:
    Nov 24, 2008
    Messages:
    612
    Likes Received:
    68
    Location:
    Kota Bahagia
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    lanjutkan om
     
  5. xtmxady

    xtmxady Super Hero

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    3,854
    Likes Received:
    74
    Location:
    Tarakan BAIS \m/
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    ayoo om semanghard share nya, semoga berguna buat yang lainnya,, :)

    ane kadang tuh bingung kada mau buat posting apaan, udah jadi mau buat artikel apaan, tapi bingung mau mulai dari mana, kadang bingung nyari inspirasi artikel dari mana. Akhirnya ujung ujung nya malah FBan :D :D :D
     
    RohmatTR, bagoezt and Ahmads like this.
  6. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,859
    Likes Received:
    372
    Location:
    https://proreview.host
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    menarik nih om sharingnya, ditunggu kelanjutannya....

    semoga jadi HOT treat
     
  7. PenjualBayaran

    PenjualBayaran Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    300
    Likes Received:
    1
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Ane suka cara ente mastah, "It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Spin2.". Ane udah membuktikan ini. Ane punya blog bahasa indo tentang komputer juga. Karena ane hobi, ane bisa buat artikel panjang lebar soalnya ane pengen buat sedetail mungkin biar visitor bisa paham. Gak ane kasih SEO apapun tapi bisa di pekiwan bahkan sering #1.
     
  8. killzone3

    killzone3 Hero

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    666
    Likes Received:
    11
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    yup,emank mantep begitu bro,cuma kalo saingan ketat,tentu kalo cuman ky gitu gak bakal cukup,butuh backlink biar bisa melesat ke page 1
     
  9. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    Bagian 2: Tips Hi-Quality Content 1

    Bagian 1: Persiapan Blog - Klik di sini
    Bagian 2: Tips Hi-Quality Content 1 - Lagi Anda baca... :)
    Bagian 3: Tips Hi-Quality Content 2 - Klik di sini
    Bagian 4: Tentang Tata Letak Blog - Klik di sini

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Setelah jalan, gampang. Tinggal bikin artikel aja terus. Tapi yg Hi-quality. Jangan asal2an.

    Cara saya bikin artikel hi-quality

    Jalan2 dulu ke website2 yg berhubungan dengan topik blog saya. Cari hal apa yg paling rame dibicarakan. Klo di Facebook misalnya, saya gabung ke grup komputer. Di situ saya lihat, problem apa yg paling sering ditanyakan member grup situ.

    Setelah ketemu problem apa yg cukup populer, saya riset kiwod pake Market Samurai. (Ini Tool berbayar kan? Ya... Tapi saya pake trik biar bisa trial selamanya. Lihat signature saya.). Setelah dapat kiwod nya, saya bikin artikel.

    Untuk pemakaian kiwod di artikel, saya pake tuntunan plugin Wordpress SEO by Yoast.


    Yang perlu diperhatikan dalam memakai kiwod di artikel


    Tulislah buat orang. Yang manusiawi. Bukan buat mesin.

    Perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu memaksakan kiwod. Ntar ga enak dibacanya. Ini balik lagi ke kita masing2, mo nulis buat mesin atau buat orang? Menurut Neil Patel (quicksprout.com), tren search engine sekarang ini adalah semakin mencoba jadi manusiawi. SE mencoba memahami apa yg dibutuhkan orang dalam mencari informasi. Jadi kalo kita nulis buat orang, otomatis kita juga nulis buat SE.

    Variasikan kiwod

    Untuk kiwod density, saya cuma sampai 1% aja. Selebihnya, saya variasikan kiwod tersebut. Misalnya, kiwod 'komputer lambat'. Saya bisa variasikan jadi 'komputer lemot', 'komputer lelet', 'komputer melambat', dll. Pokoknya yg sinonim lah. Menurut Neil Patel dan satu lagi siapa, saya lupa (terkenal juga), teknik ini juga bagus. Karena SE semakin manusiawi, maka kata2 dengan arti sama semakin sering diikut sertakan dalam hasil pencarian dengan kiwod yg sama artinya (kalimatnya ga enak ya? :D Ya pokoknya gitu... Kau tau apa yg ku maksud) Untuk aturan SEO on page lainnya, semuanya saya ngikut panduan WP SEO by Yoast.

    Sekali lagi, tulis lah artikel yang manusiawi. Bukan untuk mesin. Saya pun terus belajar cara bikin artikel yg manusiawi tapi tetep SEO friendly.​

    Wahh... Berarti semua artikel Anda hi quality donk?

    Ga. Blog saya ada kategori "Istilah". Ini isinya artikel2 singkat tentang istilah komputer yang saya pake di tiap artikel. Dan jelas, artikel Istilah2 ini bukan Hi-Quality. Artikelnya singkat2. Ga ada gambar. Susah dimasuki kiwod. Klo dipaksa, bisa jadi ga manusiawi. Jelek.


    Cara saya menangani artikel Low-Quality

    Menurut Neil Patel, sekarang ini SE lebih menghargai website2 dengan Hi-Quality content. Website yg terlalu banyak Low-Quality nya, rankingnya bisa turun. Nahh... Kan seringnya ga semua artikel di sebuah website itu Hi-Quality semua. Maka cara menyiasatinya dengan "melarang" SE untuk meng-index artikel Low-Quality tersebut.

    Cara saya 'melarang' SE meng-index artikel Low-Quality yaitu dengan plugin yg sama, Wordpress SEO by Yoast. Di bagian Advanced, saya setting noindex. Inilah jawaban mengapa dari 99 artikel saya, cuma 85 yang diindex Google. Setting noindex ini juga bisa diterapkan untuk page, tidak hanya post aja.

    Hasilnya, semua artikel saya yg Hi-Quality, terindeks SE, semuanya rata dapat trafik (taunya lewat STT2. Skrg mah udah ga boleh pake itu lagi. Dilarang hostingnya. Wkwkwkwk...). Yg saya setting noindex, ga dapet trafik sama sekali.

    Satu lagi tentang bikin artikel: jangan bikin artikel yang hampir mirip! Klo udah terlanjur, ini solusinya.

    Trik noindex ini juga bisa dipake buat duplicate content di blog temen2. Misalnya, artikel tentang cara bikin email. Intinya adalah bikin email. Cuma mungkin temen2 bakal bikin 3, yaitu daftar Yahoo, Gmail, dan Hotmail. Meskipun beda artikel, tapi intinya sama. Ini bisa menjatuhkan ranking temen2 di SE (ni kata Neil Patel juga).

    Nahhh... Solusinya, bikin 1 artikel yg Hi-Quality. Jelasin tentang pembuatan email. Terus bikin 3 artikel lagi tentang cara daftar di ketiga email provider tersebut. Yg 3 artikel ini, disetting ke noindex.

    Atau trik lainnya, pakai canonical URL. Setting canonical URL nya ke artikel pertama (selain 3 artikel itu).


    Apa itu canonical URL?

    Pake contoh aja ya... Misal ada artikel A, B, C. Temen2 menganggap A lebih penting dan harus keluar di search result. Maka settinglah canonical url B dan C dengan url A.

    Canonical tag juga berguna buat 'ngerjain' pencuri konten. Tiap artikel kita, kita kasi canonical ke artikel itu sendiri. Misal url artikel kita adalah 'asli.com/artikel'. Kalo artikel itu dicuri, canonicalnya tetep ke 'asli.com/artikel'. Jadi seandainya artikel yg dicuri itu urlnya 'pencuri.com/artikel', yg didahulukan oleh SE untuk keluar di search result adalah artikel aslinya. Tapiii... Untuk cara ini saya belum paham betul triknya. Wkwkwkwk... Masih belajar.


    Masalah Kategori dan Tag

    Rasanya simpel. Tapi ini sebenernya menggambarkan seperti apa struktur blog kita. (Lagi2 kata Neil Patel - quicksprout.com, dan kali ini ditambah lagi oleh Daniel Scocco - dailyblogtips.cm).

    Untuk setiap artikel, sebaiknya hanya masuk ke 1 kategori. Kenapa gitu? Saya sendiri kurang tau. Wkwkwkw... Kata 2 orang di atas, biar rapi aja. Biar struktur nya bagus. Kan lucu klo kita buka kategori lain, nemu artikel yg sama. Menurut saya pribadi, kategori itu seperti jalur utama blog saya. Saya ga akan sembarangan mengubah, menambah, mengurangi kategori. Itu hal yg harus konsisten.

    Kalo tag, itu satu artikel boleh beberapa tag. Dan tag boleh diubah sesukanya. Ditambah dikurangi seenaknya. It's fine. Tapiii... Masalahnya, klo halaman Tag udah keindex SE, klo kita ubah2? Jadi broken link dah yang di search resultnya SE. Nahhh... untuk mengatasinya, lagi2 gunakan plugin WP SEO by Yoast. Setting halaman Tag nya ke noindex. Jadi separah apapun kita ubah2 tag, ga ngaruh ke SE.​

    Yang saya lakukan setelah artikel jadi

    Setelah jadi, saya submit ke social bookmark, social network (fanspage dan promo di profil FB sendiri). Sekali lagi, ini pake trik jam2 yg tepat. Terus kadang saya poskan ke kompasiana. Sama, pake jam2 yg tepat. Promo di kaskus. Cuma gitu2 aja. Juaranggggg sekali saya nyebar backlink ato blogwalking. Jadwal ngajar musik nya sekarang lumayan padet. Bikin artikel aja udah memeras otak, badan udah capek klo harus duduk lebih lama lagi untuk blogwalking.​

    Tips Hi-Quality Content 2

    Asal nulis artikel yang menurut kita bagus? Terserah mau gimana nulisnya. Hehe.. Jangan gitu... Nulis di blog juga ada seninya... Klik di sini.
     
    Last edited: Nov 7, 2012
    laforza, sathreea, dahana90 and 10 others like this.
  10. tokkiramen

    tokkiramen Super Hero

    Joined:
    Oct 2, 2012
    Messages:
    2,633
    Likes Received:
    68
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    wa mantap gan menambah pngetahuan lgi ditunggu kelanjutannya gan
     
    Ansif74 likes this.
  11. hmindrajaya

    hmindrajaya Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2011
    Messages:
    1,107
    Likes Received:
    14
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    saya ada satu domain yg belum ada isinya, rencana buat personal blog, giliran mau menulis kok terasa berat,, hadeww
     
  12. Yusuf Donny

    Yusuf Donny Super Hero

    Joined:
    Oct 15, 2012
    Messages:
    1,330
    Likes Received:
    41
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    ane ga terlalu pinter nulis artikel gan.
     
  13. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Mantep banget nih tulisannya, rapih dan enak dibaca. Thanks mastah.
     
  14. babeh_orayz

    babeh_orayz Super Hero

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,269
    Likes Received:
    9
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Kebetulan lagi pengen bikin web manual
    Anda layak dapat jempol :D
     
  15. turtle

    turtle Hero

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    582
    Likes Received:
    134
    Location:
    Semarang, Indonesia
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Keren sharenya.
    Dapet tambahan ilmu. Thanks masta.
    Stylenya cocok banget buat saya.
    Dan hampir mirip. Cuman biasanya ngga sampe 30 hari. Paling 2 minggu. Dan biasanya dalam dua minggu siapin 100-1000an artikel/post. Skedul buat setahun. :)
     
  16. MasDhani

    MasDhani PR9 Authority Sites

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    3,077
    Likes Received:
    737
    Location:
    Konoha Gakure
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Seharusnya dunia tau tullisan yang bagus seperti ini. Overl all saya sangat setuju:kembang:
     
  17. mazzive

    mazzive Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    124
    Likes Received:
    4
    Location:
    Sleman, Yogyakarta
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    ahaha . . mantab . . ditunggu seri berikutnya gan . . :D
     
  18. Faddas

    Faddas Super Hero

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    1,204
    Likes Received:
    74
    Location:
    Surabaya
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    Keren mastah....
     
  19. kuncah

    kuncah Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 31, 2011
    Messages:
    435
    Likes Received:
    16
    Location:
    Yogyakarta - Batam
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    nunggu lanjutannya kemabli mas..
     
  20. papap

    papap Newbie

    Joined:
    Jul 3, 2012
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Location:
    Kota Cirebon
    Re: Kisah Nubi Main Manual Blogging. It's all about Hi-Quality Content. No Auto2 & Sp

    wah mantab banget gan.. manual blogging ok juga biar kita ngerasain bagaimana nikmatnya ngeblog dan kita puas atas hasil yang kita capai karena berjalan dalam passion kita :)
     

Share This Page