1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Beda cara pandang Antara Penerbit Versus Pemasang Iklan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by rombong, Mar 18, 2012.

  1. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    Momod, kalau salah kamar silahkan dipindahkan saja ... kalau tidak berguna ya silahkan dihapus
    SORI, ane ga bermaksud sundul ... ane nulis ini secara langsung ga dikonsep dulu jadi ya bersambung terus sambungan ane naikin biar enak dibaca ...

    DICLAIMER:
    Insya Allah ane share terbuka secara GRATIS untuk ILMU PENGETAHUAN demi kemajuan Internet Marketing Indonesia
    DILARANG MENJUAL TULISAN ANE DALAM BENTUK APAPUN. ANE PERCAYA AMA KEKUASAAN ALLAH SWT AJA.
    JIKA ADA YANG MENJUAL-BELIKAN TULISAN INI, SEMOGA MENDAPAT HUKUMAN YANG SETIMPAL

    Beda cara pandang Antara Penerbit Versus Pemasang Iklan

    PENDAHULUAN
    Akhir-akhir ini banyak banget publisher Indonesia dan negara2 lain yang dibanned akun Google Adsense-nya dengan alasan yang masih misterius karena hanya Tuhan dan sistem bot Google yang tahu pasti alasan hukuman itu.

    Beberapa publisher yang bermain blackhat mungkin bisa menerima keputusan itu karena mereka sadar bahwa mereka telah bermain curang dengan memanfaatkan berbagai trip optimasi untuk menaikkan komisi Adsense-nya. Tetapi publisher yang bermain putih (ukuranya ada yang semi putih alias abu-abu dan yang memang putih bener bagai salju) sering merasa kecewa dan mempertanyakan alasan banned tersebut.

    Tetapi, mereka semua bagai bertanya kepada rumput-rumput yang bergoyang karena tidak pernah ada balasan. TOS Google adalah hukum wajib yang harus diikuti. TAKE IT OR LEAVE IT! KALAU MAU IKUT YA HARUS NURUT DAN KALAU GA SETUJU YA SILAHKAN CARI YANG LAIN, GA USAH IKUT ANE!, mungkin begitu nilai dari TOS Google.

    Saya sudah menjelajahi berbagai website dan blog dan sampai saat ini hanya menemukan 1 tulisan soal publisher yang menggugat Google untuk mencairkan uang komisinya setelah kena bagai banned GA. Memang akhirnya komisi bisa cair tetapi ya akunnya tetap kena banned. (Sayang saya lupa linknya. Kalau ada yang mengetahui, Silahkan ditambahkan link artikel yang saya maksud. CMIIW)

    MASALAH
    Beberapa teman di komunitas Internet Marketing selalu menduga-duga bahwa mungkin badai banned ini disebabkan beberapa pemasang iklan protes karena setelah memasang iklan adword eh tidak bisa menghasilkan penjualan seperti yang sudah diharapkan. TANYA: KENAPA?

    SOLUSI
    Begini, kebetulan saya bekerja (dalam dunia nyata) di bidang (katakanlah semacam) konsultan marketing yang menangani beberapa klien dengan beberapa ukuran mulai kecil, sedang dan bisar serta super besar.

    Saya akan sedikit bercerita soal hubungan Antara Penerbit dan Pemasang Iklan. Catatan ini adalah hasil pengalaman dari saya yang bekerja di bidang offline dan untuk dunia online terus terang saya masih seorang nubita yang harus banyak belajar pada para mastah dan saudara2 seperjuangan semua.

    [bersambung]

    sambungan 1
    http://www.adsense-id.com/forums/sh...t-Versus-Pemasang-Iklan?p=1541475#post1541475

    sambungan 2
    http://www.adsense-id.com/forums/sh...t-Versus-Pemasang-Iklan?p=1541485#post1541485

    sambungan 3 - silahkan bertanya Insya Allah ane jawab ...
    http://www.adsense-id.com/forums/sh...t-Versus-Pemasang-Iklan?p=1541574#post1541574
     
    Last edited: Mar 19, 2012
  2. alifebriyanto

    alifebriyanto Super Hero

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    1,524
    Likes Received:
    48
    Location:
    adsense-id.com
    di tunggu sambungannya gan
     
  3. xavierix

    xavierix Super Hero

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    1,705
    Likes Received:
    166
    Location:
    makassar
    pemikiran yang bagus gan..
    kalo ane liatnya gini nih

    pemasang iklan:
    harus tau lebih dulu segmentasi pasar dari barang atau jasa yang dia tawarkan. orang kayak gimana yang biasanya beli barang dagangannya penjual/pemasang iklan ini. mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tempat tinggal, minat sampe hal-hal pribadi yang mendetil.

    penerbit:
    di sinilah letak keunggulan bila agan punya blog/web yang memiliki niche. dari contoh di atas, kita sudah bisa memperkirakan jika blog yang cocok di pasangi iklan adalah blog kuliner.
     
    Last edited: Mar 18, 2012
  4. degungJagung

    degungJagung Super Hero

    Joined:
    Nov 28, 2011
    Messages:
    1,092
    Likes Received:
    29
    Location:
    Bali
    gelar tikaar.. nunggu sambungannya gan
    :senyum:
     
  5. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    Klien pasang iklan itu sebuah komunitas yang unik. Banyak orang yang sukses membangun bisnisnya dengan ilmu otodidak dan tanpa pengetahuan yang memadai. Mereka yang memulai bisnis dari NOL rata-rata sangat percaya diri dan sering mengabaikan saran/ solusi /pertimbangan dari orang lain.

    Mereka adalah generasi tua yang sukses dan perusahaannya terus berkembang sehingga bisa menggaji orang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan tetapi (dalam beberapa kasus) si pemilik bisnis tetap sebagai pengendali tunggal. Bisnis ini menjadi semacam bisnis keluarga tradisional yang menempatkan pemilik menjadi TOP NUMBER 1 walaupun operasional hariannya diserahkan kepada orang lain. Semua keputusan bisnis harus diketahui dan mendapat persetujuan THE MASTER yang sering berpikir dalam kerangka masa lalu yang jelas berbeda dengan kondisi saat ini.

    Apa hubungan penjelasan diatas dengan pemasang iklan online?

    Dalam beberapa kasus saya sering menjumpai ada klien yang keukeh alias ngotot mempertahankan idenya soal pemasangan iklan walaupun saya sudah menyampaikan beberapa argumen yang bertujuan agar pemasangan iklannya menjadi efektif sesuai tujuan.

    Memang harus diakui bahwa ada beberapa tujuan orang memasang iklan yaitu:
    1. memperkenalkan produk
    2. meningkatkan omset penjualan produk
    3. branding alias hanya mengingatkan memori konsumen akan produknya.
    Alasan yang lain, silahkan ditambahkan karena saya lupa. hehehe

    Berdasarkan pengalaman saya, alasan nomor 1 dan nomor 3 itu lebih mudah disiasati tetapi tetap dalam konsep yang efektif dan tepat sasaran.
    Nah, alasan nomor 2 ini yang repot penerapannya kalau klien tetap ngotot dengan kemauannya dan tidak mau menerima saran kita.

    Belum ngerti?
    Begini ...

    Misalnya, Ada klien yang memang produknya sudah menjadi RAJA KECIL di daerahnya sehingga dia merasa sudah amat sangat jagoan sekali dan menganggap bahwa seolah-olah produknya disukai dan pasti dibeli oleh konsumen yang jauh lokasinya dari tempat jualannya. Padahal ya lapaknya cuma ada di 1 tempat itu dan dia tidak membuka cabang / perwakilan di tempat lain untuk mengantisipasi permintaan konsumen.

    Si boss ini tetap yakin bahwa dia harus pasang iklan di media nasional yang jangkauannya se-INDONESIA RAYA, padahal (misalnya) dagangannya adalah SOP KAKI KAMBING KHAS BETAWI TANAH ABANG. Memang sih siapa yang enggak kenal dengan makanan ini? Di sekitar tanah abang atau malah Jabodetabek ya produk itu sudah menjadi merk dagang andalan yang bisa menghasilkan penjualan bagus bahkan melimpah ruah. Konsumen akan rela antri sampai berjam-jam untuk menikmati menu kuliner itu.

    Si boss ingin menambah konsumen baru dan berniat melakukan promo besar-besaran di berbagai media cetak, elektronik bahkan online untuk memperkenalkan produk sekaligus berharap ada konsumen baru yang mampir ke warungnya, artinya ya tujuan akhir tetap omset meledak ratusan prosen.

    Saya sebagai konsultan sudah menyarankan agar si boss mau membuka cabang di lokasi ini dan itu dan baru melakukan super kampanye agar konsumen tidak menemui kesulitan untuk mencoba dan membeli SOP KAKI KAMBING nan laris manis dan super lezat itu.

    Tetapi si boss berkata, "He, tong! Loe anak kemarin sore dah berani nyuruh-nyuruh ane nyang jualan sebelum eloe lair. Ane dah banyak makan asem garem. Udah deh, ga usah ini itu ... tugas elo ya cukup iklan ane dipasang di media ini itu. Ane dah yakin 1000% kalau dagangan ane pasti laris. Loe sendiri kan bisa lihat buktinya. Lapak ane selalu penuh. Kalau ane pasang iklan gede-gedean ya pembeli dari sono ... sono ... dan sono ... pasti mau datang ke warung ane. Berapa harga iklannya? Loe pasang aja deh! Nanti ane bayar... CASH! KAGAK PAKE NGUTANG!"

    Nah... loe! Bingung nggak?
    Ketika kampanye itu sudah jalan dan terbit di media iklan se-INDONESIA RAYA ya tentu saja memerlukan dana yang tidak sedikit. Apalagi kalau si boss ga pilih-pilih medianya alias semua media diambil. Kalau dalam dunia Internet Marketing, semua niche diambil agar iklannya selalu nongol.

    Akibatnya apa? Penjualan tidak seperti yang diharapkan!
    Iklan yang terbit misalnya di media cetak yang terbit di Irian Jaya, Aceh, Bali, Ujung Pandang, Pontianak dan kota-kota lain yang jauh letaknya dari Tanah Abang Jakarta ya jelas tidak mungkin menghasilkan konsumen baru. Kalau sebagai berita kuliner iya harus diakui, tetapi sebagai iklan kuliner yang berharap kenaikan omset? Upsss.... nanti dulu bang!

    [bersambung]

    ---------- Post added at 08:36 PM ---------- Previous post was at 08:28 PM ----------

    sabar gan ... ane merapal mantera dulu
     
  6. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    Tidak mungkin banget kalau pembaca yang jauh letaknya harus menyempatkan waktu untuk membeli seporsi sop kaki kambing yang memerlukan transportasi dan waktu. Kalaupun ada yang berbuat nekad begitu ya mungkin cuma 1000 : 1.

    Apa yang terjadi? Iklan dari si boss juragan sop kaki kambing mengalami hasil gatot alias GAGAL TOTAL. Uang habis banyak tetapi kenaikan omset kecil tidak sebanding antara pendapatan dengan pengeluaran. Hasilnya? SI BOSS MARAH-MARAH DAN NGAMUK SERTA MENUDUH SAYA TELAH MELAKUKAN PENIPUAN KARENA MENAWARINYA MEMASANG IKLAN YANG TIDAK ADA HASIL DAN MANFAATNYA.

    Itu catatan sekilas dari klien pemasang iklan, sekarang saya mengulas dari POSISI SEBAGAI PUBLISHER ALIAS PENERBIT yang mempersilahkan siapa saja memasang iklan dan promosi di medianya.

    Rata-rata, saya tidak berani untuk menyebut semuanya, publisher akan beranggapan bahwa KLIEN ADALAH SUMBER UANG. IKLAN ADALAH OMSET, DAN ARTINYA YA OMSET HARUS DIAMANKAN SEBAB MENYANGKUT SISI KEUANGAN PERUSAHAAN. Banyak sekali oknum publisher yang berpandangan dan mempunyai motto 'ALUGADA' artinya 'APA LU MAU, GUE ADAIN'. Soal bagaimana cara gue ya itu terserah gue yang penting bahwa kebutuhan loe bisa terpenuhi dan loe harus membayar sekian harganya atas servis layanan yang telah ane sediakan khusus buat loe.

    Bingung?
    Begini ...

    Misalkan begini, si boss pemilik lapak jualan sop kaki kambing tadi punya dana nolimit dan ingin mempromosikan dagangannya agar omset meningkat. Nah si boss pengin pasang iklan di media yang segmented. Saya sudah menjelaskan bla bla bla soal media segmented begini begitu. Tapi apa, si boss pengin iklannya di pasang di media yang khusus mengulas 'IBU, BAYI DAN BALITA' dengan alasan bahwa si ibu yang membaca iklan itu pasti membeli sop kaki kambingnya dengan mengajak (minimal) si bapak yang artinya ada minimal penambahan 2 konsumen baru di warungnya.

    Alasan si boss tadi tidak salah tetapi kurang sesuai. Mungkin saja hal itu terjadi tetapi ya harus dilihat dan diukur berapa prosentasi penjualannya. Tapi, si boss tetap ngotot, "He, tong! Ini duit ane, mo dibakar atau dipakai bayar iklan ya itu urusan ane. Loe kagak usah rewel deh, kerja aja seperti yang ane minta!"

    Akhirnya, ya ane terpaksa mengikuti kemauan si boss itu walau terus terang agak-agak gimana getoo. Nah, parahnya lagi, si marketing media tersebut juga menerima iklan apapun walau tidak sesuai dengan konsep, isi, visi dan misi medianya.

    Katanya, "OK, ente tenang aje bro. Ane jamin nanti ane kasih layanan istimewa buat klien ente. Media ane selalu siap sedia mengikuti apa permintaan klien yang punya duit dan tentu saja mau bayar iklan. Ane bikin rubrik khusus buat klien ente deh, harganya cincay begini begitu."

    Sial! Oknum media itu menerima iklan yang saya kasih dan membuat liputan khusus untuk menayangkan iklan sop kaki kambing. Misalkan, ini contoh saja, ada tulisan dengan judul :

    - Apakah anda tahu bahwa sop kaki kambing juga bagus untuk balita anda?
    - Rutin mengkonsumsi Sop kaki kambing maka balita anda akan menjadi cerdas.
    - Dan lain-lain yang penting ada senggolan dengan kata kunci sop kaki kambing

    Nah... Loe! Parah banget kan?
    Ini sering terjadi pada blogger komunitas Internet Marketing yang selalu mengejar HPK (High Paying Keyword) dan mengabaikan isi kontennya sehingga nekad memasukkan kata kunci yang jauh hubungannya dengan artikel.

    Dalam teknik seo ada ungkapan selip-menyelip yaitu memasukkan 1-2-3 keywords yang tidak relefan dengan artikel agar ikut ke index Google sehingga diharapkan ada tambahan trafik kunjungan dari kata kunci tersebut.

    Lalu, apa yang terjadi dengan iklan si boss sop kaki kambing?
    Lagi-lagi menemui 'GATOT' alias 'GAGAL TOTAL' karena ibu-ibu yang menjadi pembaca media itu ya menolak mentah-mentah ide aneh tersebut kalaupun ada yang nekad memberikan menu kuliner itu pada balitanya ya sedikit banget jumlahnya. Jadi kembali si boss ngomel-ngomel alias marah-marah dan menuduh saya melakukan tindak pidana penipuan karena sudah membuatmya membayar mahal untuk iklan yang tidak berguna.

    [bersambung]
     
    Last edited: Mar 18, 2012
    4ndr1 likes this.
  7. damdidamdidam

    damdidamdidam Super Hero

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    1,101
    Likes Received:
    85
    Numpang komen ya gan

    Kalo ane jadi konsultan bos sop kaki kambing..selain buka cabang tentunya.
    Ane saranin dia iklan di fb..knapa..karena iklan fb itu bisa sangat segmented..kalo ane pilih kota jakarta..jenis kelamin laki laki (biasanya yang suka kambing laki laki/kalo perempuan juga ‘dihajar utk iklan’ sayang dana iklannya)..umur..brapa ya 18-45 mungkin..(karena kalo umur 46 keatas dah jauh jauh dari kambing biar gak darah tinggi hehehe)
    Adwords...satu gak bisa pilih jenih kelamin,....dua...dulu bisa pilih kota..sekarang gak bisa deh..mesti minimal satu negara (untuk Indonesia) cmiiw
    Yahoo advertising solution juga bagus sih...iklan bisa muncul di YM..kalo duit die gak ada matinya..boleh juga ads ini.

    lanjut share nya gan :tepuktangan:
     
  8. poetri

    poetri Super Hero

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    1,452
    Likes Received:
    265
    Kalo dibikin ebook aza gmn gan? :D
     
  9. prayitno

    prayitno Super Hero

    Joined:
    Aug 23, 2011
    Messages:
    752
    Likes Received:
    637
    Location:
    Jakarta
    ini share yang berbobot, silahkan ditunggu lanjutannya.
    berguna bukan hanya untuk bisnis online, tapi bisnis offline juga.
    ditunggu lanjutannya
     
  10. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Analisis yang sangat bagus mastah, nunggu sambungan berikutnya.
     
  11. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    sistem promo fb beda ama web/blog gan
    orang bisa melihat iklan fb kalau sudah register jd member tetapi web/blog lebih terbuka. kita ga perlu pakai daftar kalau mau lihat iklan CMIIW
    thanks sudah membaca gan

    ---------- Post added at 09:45 PM ---------- Previous post was at 09:43 PM ----------

    ane ga ngerti cara bikin ebook gan ... ane nubita di dunia maya
    apa mau kerjasama nih? nanti ane nulis bidang lain... kalau yg ini biar jadi PENGETAHUAN UMUM saja
    semoga ada manfaat kebaikannya ... makasih gan
     
  12. heripu

    heripu Super Hero

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    1,898
    Likes Received:
    421
    Location:
    Plembang
    mantab nih tulisan.

    just saran gan, di halaman depan buat aja list part tulisan agan, misal

    part I: http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/117276-SHARE-Beda-cara-pandang-Antara-Penerbit-Versus-Pemasang-Iklan?p=1541485#post1541485
    part II: http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/117276-SHARE-Beda-cara-pandang-Antara-Penerbit-Versus-Pemasang-Iklan?p=1541475#post1541475
    dst

    biar yang pada masuk trit ini gak bingung nyari2 sambungannya.

    thanks
     
  13. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    ane masih nubita yang harus banyak belajar gan

    makasih sudah mau membaca gan

    emang boleh bikin gitu ya? nanti malah kena omelan momod ...
    hiiii takuuuttttt
     
  14. sam2oke

    sam2oke Ads.id Fan

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    116
    Likes Received:
    5
    Location:
    www.MeditasiSpiritual.com
    mulai agak panas gan...
    ditunggu sambungan berikutnya....:D
     
  15. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    sabar gan ... ane kehabisan rokok nih, mau ke warung dulu cari stok



    ---------- Post added 03-19-2012 at 12:02 AM ---------- Previous post was 03-18-2012 at 10:29 PM ----------

    Nasib ... nasib ... Saya yang berada di posisi tengah sebagai jembatan penghubung antara klien pemasang iklan dan publisher ya harus menerima omelan, caci maki, dan lain-lain yang pasti tidak enak karena kesalahan yang (menurut saya) tidak 100% berasal dari saya pribadi dan teamwork di perusahaan saya.

    Mari kita ulas lagi ...
    KASUS 1
    Klien ngotot ---> media salah ---> HASIL NOL
    Klien ngotot ---> media mendukung ---> HASIL SALAH
    Jadi sebetulnya ini dosa berjamaah antara KLIEN IKLAN dan MEDIA PENERBIT, posisi KONSULTAN MARKETING adalah menganalisa dimana letak kesalahan, mempertimbangkan ini itu, menghitung begini dan begitu, hingga akhirnya mengambil tindakan tegas DEMI PROFESIONAL DAN NAMA BAIK PERUSAHAAN.

    Saya akan memasukkan media yang cuma ALUGADA alias mengejar uang saja tanpa memperhatikan kebutuhan dan keinginan klien pemasang iklan. Jadi saya dan teamwork mempunyai daftar perusahaan publisher yang begini begitu. Kalau ada klien yang ngotot lain mengulangi kesalahan diatas ya saya harus mengarahkannya untuk membuat semacam perjanjian khusus SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU, jadi pihak perusahaan saya tidak mendapat komplain dan aman dari gugatan hukum.

    Nah, ini analisa saya pribadi, bahwa Google juga menerapkan hal tersebut atas nama PROFESIONALISME DAN NAMA BAIK PERUSAHAAN lewat apa yang kita sebut sebagai TOS (TERM OF SERVICE) , DISCLAIMER, PRIVACY POLICY dan lain-lain yang pada intinya harus diikuti oleh siapapun yang ingin bergabung dalam jaringan kerjasama dengan perusahaannya. Kembali ke TAKE IT OR LEAVE IT! KALAU COCOK SILAHKAN GABUNG, KALAU GA COCOK DENGAN ATURAN SAYA YA SILAHKAN CARI YANG LAIN SAJA.

    Mungkin, hal ini telah menyebabkan badai banned massal akun Google Adsense dan terus berlangsung sampai saat ini untuk beberapa publisher yang melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak. Tetapi ya seharusnya Google memberikan waktu untuk banding jika publisher melakukan kesalahan tidak asal main sikat saja.

    Apalagi ada info begini ...
    Google plans to penalize 'overly optimized' sites
    A Google engineer says the company is rejiggering its search results so that sites with excessive optimization don't trump sites with solid content.
    Sumber:
    hzzp://news.cnet.com/8301-1023_3-57399425-93/google-plans-to-penalize-overly-optimized-sites/

    Publisher juga harus tahu diri dengan tidak melakukan teknik seo mengejar HPK secara berlebihan sehingga pemasang iklan tidak salah menampilkan iklannya walaupun sudah memilih niche yang sesuai. Artinya ya ada keseimbangan antara klien pemasang iklan dan publisher agar mendapatkan keuntungan kedua pihak.

    Kasus kesalahan penempatan iklan di dunia offline sering banget terjadi padahal yang namanya media cetak (koran, majalah dll) serta media elektronik (tv, radio dll) sudah bertahun-tahun umur dan penyebarannya tetapi ya tidak semua klien pemasang iklan yang notabene si pemegang uang bisa mengetahui cara beriklan dan promosi yang benar, apalagi dunia maya yang bagi kebanyakan orang masih menjadi layanan istimewa dan terkesan sangar alias medeni bocah.

    Saya membaca di forum online yang mempertanyakan kenapa ada (misalnya) IKLAN OBAT KUAT yang selalu keluar di Google Adsense walaupun artikelnya tidak ada hubungan dengan soal angkat berat yang membutuhkan obat kuat agar lebih dalem nancepnya, lebih tinggi lompatannya, lebih jauh plus kencang semburannya dan lebih lama ngebornya. Iklan Obat Kuat yang keluar di (katakanlah) artikel soal kasus perceraian artis selebrity terkenal justru membuat tanda tanya. Apakah si artis yang mau cerai harus beli obat kuat? Terus siapa yang harus menjadi lawan tandingnya kalau sudah kuat? Saya hanya menduga bahwa si pemilik produk pasti mengambil ALL NICHE alias GENERAL POSTING agar iklannya bisa nangkring terus dengan harapan meraih omset.

    Anda bisa saja membantah bahwa iklan itu ditujukan untuk pembaca berita bukan dibeli oleh artis yang mau cerai. OK, mas bro! Tapi tahukah anda bahwa pembaca, penghobi, pecinta berita gosip artis itu mayoritas adalah IBU-IBU, PRT, ABG (ANAK BABE GUE), dan sebagian orang iseng? Kalau ibu2 mungkin cocok tetapi bagaimana dengan pasar pembaca yang lain? ABG MAU BELI OBAT KUAT? APA KATA DUNIAAAAAA ...

    Ketidaktahuan dunia marketing iklan inilah yang menyebabkan timbulnya bidang usaha yaitu LAYANAN KONSULTAN MARKETING. Saya melihat sekarang beberapa advertising agency besar dan kecil (khususnya di Jakarta) mulai merambah bidang online untuk beberapa kliennya. Mungkin beberapa tahun ke depan seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia akan mewujudkan berdirinya beberapa MEDIA SPESIALIS yang berkutat di promosi online saja karena walaupun saat ini sudah mulai ada bibitnya ya masih digabung antara OFFLINE dan ONLINE. Beberapa teman sudah mulai terjun KHUSUS ke dunia ini dan saya lihat bisa mencapai omset pertumbuhan yang signifikan. Artinya TOP MARKOTOP, grafik omsetnya naik terus!

    Itulah sekilas seputar dunia marketing dan promosi dimana saya terjun sejak tahun 2002 lalu. Banyak lika-liku dan pelajaran berharga yang bisa saya dapatkan.

    Semoga tulisan ini bisa membawa manfaat kebaikan untuk kita semua.
    Kurang dan lebihnya saya minta maaf jika ada kesalahan dan terima kasih berkenan membaca postingan ini.

    Semoga sukses!
    Salam,

    rombong

    Tulisan ini ada di : KWGEN . blog spot .com

    ---
    CEKIDOT GAN! - KEJAR IKLAN GADO-GADO, MAU?
     
    Last edited: Mar 25, 2012
  16. pyurtube

    pyurtube Super Hero

    Joined:
    Feb 19, 2011
    Messages:
    1,804
    Likes Received:
    70
    Location:
    Senen Jakarta Poesat
    Anda orang dalamnya GA Indonesia bukan? Sharingnya mantaf deh, bahasannya cocok buat para publiser seperti kita yang main GA , moga dg sharing ini, anda dilancarkan rezekinya ,dimudahkan dlm segala urusan, amien
     
  17. damdidamdidam

    damdidamdidam Super Hero

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    1,101
    Likes Received:
    85
    Iklan fb sangat terbuka..hanya dengan dia/user log in di facebooknya
    Mau dia lagi main (misal game di zynga di facebook) dia akan tetap “dihajar” iklan jika user tersebut masuk kriteria pengiklan.
    User biasa..akan lebih suka ‘bermain main’ di facebooknya..mau main game ato berinteraksi dengan teman temannya..dibanding..misal gugling
    Yang sering lama lama di google setau ane publisher cari keyword hehehe.

    Kalo web/blog..orang dah sangat selektif...suka gak mau masuk iklan dari publisher bukan premium...sedangkan kalo mau tayang dari publisher premium..bidnya harus tinggi.
    Kalo dari keyword..adwords yang ane bilang itu...gak bisa segmented = kalah dari fb ads...mesti seluruh Indonesia...sedangkan fb ads bisa 1 kota (dalam contoh kasus -> bos sop kaki kambing) yang jauh tebih efektif kalo iklan hanya tayang di Jakarta bukan di seluruh Indonesia.

    lanjut lagi share nya gan
     
  18. rombong

    rombong Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    978
    Likes Received:
    115
    Location:
    Tangerang
    betul gan ...
    pebisnis generasi tua yg model begini buanyaaakkk banget jumlahnya dalam bisnis offline

    ane cuma blogger yg coba ikut mencari dollar gan.
    tapi kalau ada 'org sono' yg baca tulisan ini terus ngajak join ya sesuatu banget hehheehe
    Alhamdulillah kalau ada manfaatnya. makasih sudah membaca tulisan ini

    betul gan ...
    pasang iklan di fb atau adwords ada plus minusnya, nah ane lg belajar yg soal beginian nih buat senjata tambahan kalau begini begitu ...
     
    Last edited: Mar 19, 2012
  19. Gejus

    Gejus Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 11, 2011
    Messages:
    311
    Likes Received:
    125
    Location:
    Kebumen, Jawa Tengah
    Wah bisa betah ane kalo setiap hari ada orang sharing kayak gini di forum :D
    Punya personal blog yang ngebahas marketing strategi ga gan? Kalo ada pasti ane bookmark deh :D PM ya...
     
  20. 4ndr1

    4ndr1 Banned

    Joined:
    Jun 13, 2008
    Messages:
    2,347
    Likes Received:
    498
    Location:
    Country Of Corruption
    mantap dah sharing'a...aq senang kalau ada bacaan yg beginian :D
     

Share This Page